Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua

Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua

Mobil tua.--

Catat, ini Tips Lengkap Merawat Mobil Tua

oganilir.co - Banyak beranggapan memelihara atau menyimpan mobil tua akan membuat repot. Padahal, anggapan itu salah besar. Mobil tua atau jadul akan semakin asyik dikendarai jika terawat. Nah, untuk perawatannya itulah dibutuhkan ketelatenan dari si pemilik. 

Berikut ini tips merawat mobil tua:

1. Peremaajaan Komponen

Komponen atau sucu cadang mobil tua harus diperhatikan sedetail mungkin. Pemilik mobil tua harus mengganti komponen kaki-kaki, mesin, sistem pendinginan mesin, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan agar kondisi mobil tersebut tetap terjaga dan bisa tetap nyaman dipakai.

Komponen atau  cuku cadang yang diganti tersebut adalah komponen yang memang sudah rusak atau tidak nyaman saat dikendarai.

2. Rutin Mengganti Oli

Rajin mengganti oli harus dilakukan oleh pemillik mobil tua. Jadwal mengganti oli harus diperhatikan. Saat mengganti oli, pemilik mobil tua harus memperhatikan jenis oli lainnya. 

Seperti oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem. Tujuan dari mengganti oli secara berkala dan tepat waktu untuk menjaga performa mobil tetap terjaga.

BACA JUGA:Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Mengendarai Mobil

Saat seseorang membeli mobil tua, oli-oli tersebut wajib diganti untuk mempermudah kita mengingat kapan waktu terakhir mengganti oli. Selain itu kita juga tidak pernah tahu kapan pemilik mobil sebelumnya mengganti oli.

3. Memeriksa Sistem Pendingin Mesin

Sistem pendingin mesin harus diperhatikan. Masalah yang kerap dialami oleh mobil tua atau yang usianya sudah lebih dari 10 tahun adalah sistem pendinginan mesin. Banyak ditemui kasus mobil tua yang mogok gara-gara mesin overheat atau terlalu panas.

Untuk mencegah hal itu tidak terjadi, sebaiknya selalu rutin memeriksa kondisi sistem pendinginan mesin. Malah lebih bagus lagi kalau dilakukan peremajaan total di sektor ini.

Sumber: