Anda Mau Berkurban? 4 Syarat ini Harus Diperhatikan Pada Hewan

Anda Mau Berkurban? 4 Syarat ini Harus Diperhatikan Pada Hewan

Sapi kurban.--

oganilir.co - Sebentar lagi umat muslim di dunia akan merayakan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, umat Islam dianjurkan untuk berkurban.

Anjuran untuk berkurban sudah Allah katakan dalam Alquran Surah Al Kautsar ayat 2, yang artinya “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah".

Dalam surat ini terdapat kata 'berkurbanlah' bisa diartikan sebagai seruan untuk berkurban.

Sebelum membeli hewan kurban, ada baiknya mengetahui ciri atau kriteria hewan yang baik untuk dikurbankan.

Dikutip dari kanal YouYube Audio Dakwah, ustaz Adi Hidayat menjelaskan kriteria hewan yang baik untuk dikurbankan ada 4 ialah:

1. Tidak Buta

BACA JUGA:Catat, ini Jumlah Stok Hewan Kurban di OKI

Hewan yang buta tidak diperbolehkan untuk dikurbankan, jangan sampai tergiur dengan harga murah bisa jadi hewan tersebut buta.

Hewan yang buta dapat dilihat dengan mudah. Hewan tersebut tidak mengetahui dimana letak makanan, tidak tahu adanya pergerakan yang mendekati dan sebagainya. 

2. Pincang atau Cacat Pada Kaki.

Hewan yang kakinya cacat sehingga membuat cara berjalannya jadi pincang itu tidak bisa dikurbankan. "Antum saja ketemu manusia cari istri yang paling bagus, masa untuk mendekati yang menciptakan istri dikasih yang cacat," kata ustaz Adi Hidayat.

3. Kurus Tidak Berisi

Dari bentuk tubuh hewan tersebut apabila tidak memiliki banyak daging kurus bahkan sampai terlihat bentuk tulangnya itu tidak dapat dikurbankan.

BACA JUGA:Panitia Kurban Masjid Palembang Berburu Sapi ke Banyuasin

Sumber: