Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

Alquran.--

Ayat-ayat Alquran yang Dapat Meningkatkan Semangat Umatnya

oganilir.co - Semangat merupakan dorongan, motivasi, atau energi yang memotivasi seseorang untuk menghadapi tantangan, mencapai tujuan, dan menikmati kehidupan. 

Ini adalah semangat yang mendorong individu untuk bangkit setelah kegagalan, keputusasaan, mengatasi rintangan, dan tetap berjuang meskipun menghadapi kesulitan.

Semangat tentunya bisa naik turun, pada saat tidak memiliki semangat, orang cenderung merasa putus asa. Tidak ada gairah untuk hidup, bahkan sampai bunuh diri.

Sebagai umat Muslim yang berpedoman dengan Alquran, baiknya harus senantiasa dibaca, dipelajari, difahami maknanya dan dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam Alquran, terdapat beberapa ayat yang dapat membantu meningkatkan semangat umatnya ketika sedang putus asa.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Berangkatkan Umroh Ortu Hafiza Bocah 5 Tahun Hapal 8 Juz, Sejak 3 Tahun Sudah Menghafal Alquran

Berikut adalah beberapa ayat Alquran yang dapat membantu meningkatkan semangat umatnya.

1. QS. An Najm ayat 39-42

وَاَنۡ لَّيۡسَ لِلۡاِنۡسَانِ اِلَّا مَا سَعٰىۙ وَاَنَّ سَعۡيَهٗ سَوۡفَ يُرٰى ثُمَّ يُجۡزٰٮهُ الۡجَزَآءَ الۡاَوۡفٰىۙوَاَنَّ اِلٰى رَبِّكَ الۡمُنۡتَهٰىۙ

Wa al laisa lil insaani illaa maa sa'aa. Wa anna sa'yahuu sawfa yuraa. Tsumma yujzaahul jazaaa 'al awfaa. Wa anna ilaa rabbikal muntahaa.

Artinya, Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan kepadanya. Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu).

2. QS. Ar Ra'd ayat 11 

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Sumber: