5 Ciri yang Menunjukkan Motor Anda Segera Ganti Oli

5 Ciri yang Menunjukkan Motor Anda Segera Ganti Oli

Ilustrasi.--

5 Ciri yang Menunjukkan Motor Anda Segera Ganti Oli

oganilir.co - Oli mesin kendaraan, merujuk pada bahan pelumas yang digunakan untuk melumasi dan melindungi komponen mesin. Oli mesin memiliki beberapa fungsi penting dalam menjaga kinerja dan keandalan mesin.

 

Oli berfungsi melumasi bagian-bagian bergerak dalam mesin, seperti piston, poros engkol, dan bantalan, sehingga mengurangi gesekan antara permukaan logam. Ini membantu mengurangi keausan dan kerusakan pada komponen mesin yang bergerak.

 

Oli membantu mengambil panas yang dihasilkan oleh mesin saat beroperasi. Ini mencegah suhu mesin naik terlalu tinggi dan memastikan suhu yang optimal untuk menjaga kinerja mesin yang stabil.

 

Oli juga berperan sebagai agen pembersih dalam mesin. Selama proses pelumasan, oli mengangkut partikel kotoran, kerak, dan sisa pembakaran yang terbentuk dalam mesin dan membawanya ke dalam filter oli atau sistem penyaringan lainnya untuk menjaga kebersihan mesin.

 

Sangat penting bagi pengendara sepeda motor, untuk memperhatikan oli kendaraan anda jangan sampai kering.

BACA JUGA:Modus Baru Pelaku Curanmor, Ngontrak Rumah Pelaku Larikan Sepeda Motor Pemilik Warung, Alasan Mau Cari Makanan

 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum yang menunjukkan motor Anda perlu segera mengganti oli: 

 

Sumber: