Hadiri Launching Sekolah Politik Perempuan ICMI, ini Pesan Ketua MPR

Hadiri Launching Sekolah Politik Perempuan ICMI, ini Pesan Ketua MPR

Bambang Soesatyo (lima dari kiri) menghadiri launching Sekolah Politik Perempuan ICMI, Kamis 6 Juli 2023. foto: humas mpr ri--

Hadiri Launching Sekolah Politik Perempuan ICMI, ini Pesan Ketua MPR

JAKARTA, oganilir.co - Sekolah Politik Perempuan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) resmi diluncurkan, Kamis 6 Juli 2023. Pelncuran dilakukan Ketua ICMI Jafar Hafsah dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. 

 

Bamsoet mengapresiasi gagasan dan terobosan yang dilakukan Pengurus Pusat Perempuan ICMI dalam meningkatkan partisipasi perempuan di bidang politik. "Kader perempuan dari berbagai partai politik bisa belajar di sini, sehingga bisa melahirkan perempuan kapabel yang dapat mengisi berbagai posisi strategis di legislatif, eksekutif, hingga BUMN dan berbagai sektor lainnya," kata Bamsoet, -panggilan Bambang Soesatyo-.

 

Kata Bambang, dalam Pasal 10 Ayat (7) dan Pasal 92 Ayat (11) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, mengatur dan menentukan komposisi di panggung politik harus memperhatikan kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

 

"Namun realisasinya masih belum terlaksana," ujar Wakil Ketua Dewan Penasehat ICMI itu. Pada periode 2019-2024, kata Bamsoet merincikan, per Januari 2021 hanya terdapat 123 jumlah perempuan di DPR RI atau sekitar 21,39 persen.

BACA JUGA:2 Pesantren di Ogan Ilir ini Jadi Referensi Ortu di Sumbagsel Sekolahkan Anak

 

Dengan adanya Perempuan ICMI serta Sekolah Politik Perempuan ICMI, tambah Bamsoet, memiliki rujukan nilai kesejarahan yang telah diwariskan RA Kartini, lebih dari seabad yang lalu. Mulai tentang emansipasi, tentang kesetaraan dan keadilan gender, serta tentang pentingnya pendidikan bagi kaum hawa.

 

"Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi, kita masih bisa bersyukur bahwa dalam kurun waktu antara tahun 2017 hingga 2022, Indeks Pemberdayaan Gender Indonesia sebagai salah satu tolok ukur keadilan dan kesetaraan gender, terus mengalami peningkatan," ujar Bamsoet.

 

Sumber: