Sekelumit Cerita Pilkades di OKI, Petahana Ditumbangkan Mantan Sekdes

Sekelumit Cerita Pilkades di OKI, Petahana Ditumbangkan Mantan Sekdes

Panitia Pilkades Air Pedara menyiapkan bilik suara. foto: istimewa--

Sekelumit Cerita Pilkades di OKI, Petahana Ditumbangkan Mantan Sekdes

KAYUAGUNG, oganilir.co - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering llir (OKI) sudah melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 26 Juni 2023 lalu. Sebanyak 139 calon kades bertarung untuk menjadi kades di 56 desa di 16 kecamatan di kabupaten tersebut.

 

Salah satu desa yang menggelar Pilkades serentak dan menjadi perhatian terjadi di Desa Air Pedara, Kecamatan Pangkalan Lampam.

 

Lo kok menarik? Pilkades di desa ini hanya diikuti dua  calon karena tidak ada yang berani menantang kades petahana Ibrahim alias Boim.

 

Boim yang sudah menjabat Kades selama 8 tahun, kembali mencalonkan diri sebagai Kades dalam masa jabatan 9 tahun untuk periode berikutnya. Boim, -panggilan Ibrahim- melenggang dua periode menjadi kades karena banyak berjasa terhadap masyarakatnya. Sehingga tokoh lain yang akan menantang Boim sudah mengukur baju di badan. 

BACA JUGA:56 Desa di OKI Gelar Pilkades, 16 Petahana Tumbang

 

Mata pilih di Desa Air Pedara yang mencapai 750, saat pemilihan warga yang datang tidak lebih dari 679 orang. Ada 71 warga tidak datang menggunakan hak pilihnya. Ini karena warga di desa tersebut tidak enak untuk datang menjatuhkan pilihannya pada dua tokoh yang mencalonkan diri. 

 

Penantang Boim adalah Yopi, salah satu tokoh pemuda di Desa Air Pedara yang pernah menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) saat Boim menjabat Kades periode pertama pada tahun 2011. Boim yang usianya sudah kepala lima ditantang mantan Sekdesnya yang masih berusia kepala 3. Yopi dikenal sebagai salah satu guru pesantren di kecamatan tersebut.

 

Sumber: