Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat tak Lakukan Aktivitas di Kawasan ini

Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat tak Lakukan Aktivitas di Kawasan ini

Gunung Semeru. --

Gunung Semeru Erupsi, PVMBG Imbau Masyarakat tak Lakukan Aktivitas di Kawasan ini

JAWA TIMUR, oganilir.co - Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Jumat 14 Juli 2023 sekitar pukul 22.05 WIB. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur itu mengeluarkan letusan disertai dengan awan panas guguran.

 

Lapoan tertulis petugas pos pengamatan Gunung Semeru Yadi Yuliandi menyatakan bahwa tinggi kolom erupsi Gunung Semeru tidak teramati dan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi 596 detik.

 

Jarak luncur awan panas guguran dari puncak gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut itu tidak diketahui karena pengamatan visualnya terhalang oleh kabut.

 

Status siaga atau level III masih disematkan pada gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk mematuhi sejumlah rekomendasi yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:Taman Gunung Ibul Prabumulih Kumuh Tak Terawat, Pemkab Gerak Cepat Ajak Masyarakat Gotong Royong

 

"Masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi)," tuturnya.

 

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

 

Sumber: