2 Hari Ini Gempa Guncang Aceh, Pagi Ini Berkekuatan 6,4 Skala Richter di Selatan Kota Meulaboh

2 Hari Ini Gempa Guncang Aceh, Pagi Ini Berkekuatan 6,4 Skala Richter di Selatan Kota Meulaboh

2 Hari Ini Gempa Guncang Aceh, Hari Ini Gempa Berkekuatan 6,4 Skala Richter di Selatan Kota Meulaboh. foto: ilustrasi/disway/oganilir.co --

ACEH, OGANILIR.CO – Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Diketahui, gempa mengguncang Aceh dalam dua hari terakhir. Gempa terkini terjadi pada Sabtu, 24 September 2022 sekitar pukul 03:52:59 WIB dengan kekuatan magnitudo 6,4 skala richter

Gempa tektonik dengan parameter update magnitudo 6,4 tersebut terletak pada koordinat 3,75 derajat Lintang Utara, 95,97 derajat Bujur Timur.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 Km arah Selatan Kota Meulaboh, Aceh pada kedalaman 53 km.

BACA JUGA:Laga Super Big Match, UEFA Nations League Pertemukan Italia vs Inggris, Siapa Menang?

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Meulaboh, Aceh pada Sabtu, 24 September 2022. Berdasarkan BMKG, gempa di salah satu kota di Aceh itu terjadi sekitar pukul 3.52 WIB.

"Gempa M 6,4 24 September pukul 3.53 di barat daya Meulaboh,"demikian keterangan resmi dari akun Twitter BMKG, Sabtu (24/9).

Guncangan juga dirasakan di daerah Aceh Besar, Banda Aceh, Takengon, Bener Meriah, dan Simeulue dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian guncangan juga dirasakan di daerah Pidie, Idi, Bireuen, Langsa dan Aceh Tamiang dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA:DWP Ogan Ilir , Konsolidasi Ke 30 OPD dan 16 Kecamatan

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa, serta memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Sebelumnya gempa bumi magnitudo 5,1 skala richter juga mengguncang Aceh tepatnya di wilayah Takengon, Aceh Tengah, Jumat (23/9) sekitar pukul 02.36 WIB.

Berdasarkan data pemuktahiran BMKG, gempa terbaru ini terjadi pada pukul 03:52:59 WIB yang berlokasi di 3.77 Lintang Utara (LU), 95.97 Bujur Timur (BT).

“Pusat gempa berada di laut 45 km baratdaya Meulaboh-Aceh Barat, dengan Kedalaman 22 kilometer,” tulis BMKG.

Sumber: antara/pojoksatu