Webometrics Merilis 30 PTS Terbaik di Indonesia 2023, ini Nama-Namanya

Webometrics Merilis 30 PTS Terbaik di Indonesia 2023, ini Nama-Namanya

Universitas Telkom. --

Webometrics Merilis 30 PTS Terbaik di Indonesia 2023, ini Nama-Namanya 

oganilir.co - Tak hanya perguruan tinggi negeri (PTN) yang kualitasnya diperingkat oleh suatu lembaga yang membuat peringkat. Tetapi juga perguruan tinggi swasta (PTS) dilakukan hal serupa.

 

Lembaga pemeringkat Webometrics baru-baru ini membuat peringkat PTS di Indonesia. Webometrics dikenal sebagai lembaga pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan tiga indikator yaitu openness, excellence, dan visibility.

 

Webometrics merilis daftar universitas atau PTS terbaik di Indonesia dengan berdasarkan performa secara global. Performa tersebut dinilai berdasarkan indikator dengan menggunakan tiga metodologi dan memiliki bobot nilai yang berbeda.

 

Pertama yaitu konten web, seberapa banyak jumlah jaringan eksternal yang tertaut ke halaman web institusi dan dihitung dengan bobot nilai 50 persen.

Kedua, keterbukaan merupakan jumlah kutipan peneliti termuka di bawah domain website Universitas yang banyak dicari, dalam metodologi ini memiliki bobot nilai sebesar 10 persen.

BACA JUGA:Tim Robot Universitas MDP Palembang Lolos ke Tingkat Nasional, Satu-satunya PTS di Sumatera

 

Ketiga, keunggulan yaitu jumlah makalah atau artikel ilmiah publikasi universitas yang banyak dikutip seperti terdaftar pada Google Scholar dan penilaiannya sebanyak 40 persen. Sehingga dari penilaian tersebut para lulusan SMA atau calon mahasiswa dapat menjadikan Webometrics sebagai acuan untuk dapat memilih Universitas Swasta terbaik di Indonesia.

30 Universitas Swasta Terbaik 2023 di Indonesia Versi Webometrics

 

Sumber: