7 Kampus Top Asing Masuk Indonesia, ini Harapan FDAP

7 Kampus Top Asing Masuk Indonesia, ini Harapan FDAP

Western Sydney University.--

7 Kampus Top Asing Masuk Indonesia, ini Harapan FDAP

JAKARTA, oganilir.co - Minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di kampus luar negeri, dilirik oleh perguruan tinggi swasta (PTS) asing. Tujuh kampus top asing antre masuk Indonesia.

 

Dosen Indonesia menyoroti masuknya kampus asing  di Tanah Air. Mereka berharap kampus top dunia itu tidak serta merta mendatangkan tenaga pengajarnya dari negara asal.

 

Dosen-dosen lokal berharap, kampus asing memberdayakan tenaga pengajar Indonesia Aspirasi dari kalangan dosen terkait masuknya sejumlah kampus asing ke Indonesia itu, di antaranya disampaikan Ketua Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP) Prof Ali Muktiyanto.

 

"Kami tidak mempermasalahkan masuknya mereka (kampus asing). Karena kami bicara kualitas," kata Ali Muktiyanto usai pembukaan Rapat Kerja Tahunan FDAP 2023 di Universitas Terbuka pada Rabu 26 Juli 2023.

BACA JUGA:Webometrics Merilis 30 PTS Terbaik di Indonesia 2023, ini Nama-Namanya

 

Ali mengatakan, masuknya kampus asing di Indonesia sangat terikat dengan regulasi soal kepegawaian atau ketenagakerjaan. Termasuk komposisi pegawai dari luar negeri dan dari dalam negeri. "Regulasi membuat aturan seperti itu. Tidak serta merta asing semua dibawa ke sini," kata Ali Muktiyanto.

 

Dia yakin banyak dosen Indonesia yang pintar sehingga bisa digandeng untuk mengajar oleh kampus top asing. Sehingga secara kualitas, tidak kalah dengan para dosen atau akademisi dari kampus induk perguruan tinggi asing tersebut. Ali berharap kampus asing yang membuka cabang di Indonesia memberikan akses yang terbuka dan setara bagi dosen-dosen lokal.

 

Sumber: