Wamen Perdagangan Tinjau Lokasi Tambang Batu Bara di Muratara

Wamen Perdagangan Tinjau Lokasi Tambang Batu Bara di Muratara

Jerry Sambuaga (tiga dari kiri) meninjau lokasi penambangan batu bara PT Gorby Putra Utama, Sabtu 5 Agustus 20023. --

Wamen Perdagangan Tinjau Lokasi Tambang Batu Bara di Muratara

MURATARA, oganilir.co - Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan RI Jerry Sambuaga meninjau lokasi tambang batu bara di PT Gorby Putra Pratama di Kabupaten Muratara, Sumsel, Sabtu 5 Agustus 2023 pukul 13.00 WIB. 

 

Dia berharap produksi batu bara di PT Gorby terus meningkat, karena memberikan dampak signifikan terhadap neraca perdagangan negara. Kedatangan Wamen Perdagangan ke lokasi tambang PT Gorby di Kecamatan Rawas Ilir itu didampingi pejabat Pemprov Sumsel, TNI, dan Polri. Jerry Sambuaga berangkat dari Kota Lubuklinggau sekitar pukul 09.00 WIB, melalui jalur darat. Dan kunjungan langsung di wilayah Muratara itu berakhir hingga pukul 20.00 WIB. 

 

Jerry Sambuaga mengatakan bahwa jika pertambangan batu bara di Kabupaten Muratara, merupakan salah satu tambang yang berperan besar untuk neraca perdagangan.

 

"Kita ketahui batu bara salah satu produk unggulan ke manca negara, dan nilainya cukup signifikan untuk memberikan kontribusi neraca perdagangan negara," kata Jerry.

BACA JUGA:Tak Ada Sosialisasi, Warga Desa Paldas Banyuasin Tolak Penambangan Batu Bara

 

Dia menyatakan bahwa peninjauan yang dilakukan memang perdana melihat dari dekat pertambangan batu bara, khususnya di wilayah Muratara. "Ini kunjungan pertama kami, bersama kepala dinas, Dandim dan Pak Kapores melihat secara langsung penambangan batu bara," ucapnya.

 

Dia berharap, Geliat sektor pertambangan batu bara terus mengalami peningkatan. "Sektor ini ke depannya harus bisa lebih banyak lagi memberikan kontribusi surplus batu bara. Ekspornya harus lebih besar daripada impor," harapnya.

 

Sumber: