Ada Apa ? Pabrik Beras “Topi Koki” Dikunjungi Menteri, Gubernur dan Wabup Ardani

Ada Apa ? Pabrik Beras “Topi Koki” Dikunjungi Menteri, Gubernur dan Wabup Ardani

Mentan , Gubernur, Wabup mengunjungi Pabrik Beras Topi Koki--

Ada Apa ? Pabrik BerasTopi Koki” Dikunjungi Menteri, Gubernur dan Wabup Ardani

OGANILIR.CO- Pabrik beras terkenal di Bumi Caram Seguguk “Topi Koki” milik  PT Buyung Putra Pangan dikunjungi  Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH.,M.Si., MH , Senin , 7 Agustus 2023.

Turut mendampingi Menteri Pertanian ,  Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Wakil Bupati Ogan Ilir, H. Ardani, SH ,MH. Para petinggi  juga meninjau lokasi gerakan tanam nasional antisipasi dampak elnino di Sawah Buyung Desa Simpang Pelabuhan Dalam.

Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke area pabrik dan persawahan milik PT Buyung Putra Pangan pemilik bran beras ternama 'Topi Koki' di Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel).

BACA JUGA:Menteri Pertanian Tinjau Panen Perdana Kelapa Sawit Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di OKI

Dalam kunjungannya, Mentan Syahrul juga memberikan paket bantuan kepada para petani yang hadir berupa benih atau bibit padi untuk di semai. " Kunjungan ini dalam rangka meninjau suasana gerakan tanam nasional (Gernas) sebagai antisipasi dampak El Nino yang diperkirakan akan masuk di Indonesia pada semester kedua tahun 2023 ini, " ujarnya.

Menteri Pertanian menegaskan bahwa kunjungan kerjanya ini dalam rangka untuk memastikan lahan produktif yang cukup besar di Indonesia salah satunya yakni Sumatra Selatan.

"Untuk mempersiapkan lahan-lahan yang cukup besar kurang lebih 500 ribu hektar untuk menghadapi dampak cuaca El Nino. Salah satu sumber utama kami dan telah disepakati adalah Sumatra Selatan," jelasnya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Kementerian PANRB, Cocok Untuk yang Lancar Bahasa Inggris dan Korea

Sementara itu, Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru mengatakan bahwa, Sumsel menjadi salah satu dari 6 daerah yang di pilih pemerintah pusat sebagai daerah penyedia pangan dari Program Nasional, Gerakan Tanam Nasional (Gernas). 

"Kita akan menjadi provinsi yang tidak hanya nyaman sebagai penyedia pangan di daerahnya tetapi juga menjadi penyangga pangan nasional," tuturnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru juga menyanggupi untuk mempersiapkan 200 ribu ton beras jika terjadi El Nino yang melanda Indonesia nantinya. "Ini kan tidak melulu lahan milik satu orang tetapi juga menjadi inti dari masyarakat yang ada di Ogan Ilir ini, " tutupnya.(Sid/ril)

Sumber: