Viktor Axelsen Disebut Alien, Rekor Rudi Hartono Belum Terpecahkan

Viktor Axelsen Disebut Alien, Rekor Rudi Hartono Belum Terpecahkan

Rudy Hartono semasa muda.--

Viktor Axelsen Disebut Alien, Rekor Rudi Hartono Belum Terpecahkan

oganilir.co – Jagad bulutangkis pasti mengenal pebulutangkis Indonesia Rudy Hartono. Pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini mengoleksi gelar juara elite. Mulai dari tunggal putra hingga bereguu memperkuat Indonesia di Piala Thomas. Empat hari lagi Rudy Hartono akan genap berusia 74 tahun.

 

Belum ada pebultangkis dunia yang meraih gelar All England sebanyak 8 kali. Dari All England edisi 1968, 1969, 1970, 1971,1972, 1973, 1974, dan 1976.

 

Memiliki nama lengkap Rudy Hartono Kurniawan, legenda bulutangkis dunia ini merupakan anak keempat dari sembilan bersaudara pasangan Zulkarnain Kurniawan dan Endang Suryaningsih. Ayah Rudy Hartono bukan pemain bulutangkis profesional. Melainkan hanya seorang penjahit pakaian pria. 

 

Semasa kecil, Rudy Hartono belum terlihat bakatnya sebagai calon pebulutangkis dunia. Olahraga yang dimainkannya hanya atletik dan renang. Bakat Rudy Hartono di cabang olahraga (Cabor) bulutangkis terlihat sejak usia 9 tahun. Namun ayahnya baru menyadarinya, dua tahunn kemudian. Saat Rudy Hartono berusia 11 tahun.  

BACA JUGA:Di Balik Rivalitas, Greysia Polii Makin Akrab dengan Legenda Bulutangkis China

 

Saat berusia 9 tahun, Rudy Hartono hanya bermain bulutangkis di jalan aspal depan kantor PLN Surabaya yang dikenal sebagai Jl Gemblongan seperti ditulis dalam buku berjudul Rajawali dengan Jurus Padi (1986).

 

Rudy Hartono berlatih bulutangkis hanya sekali dalam sepekan. Yakni dari pagi hingga pukul 22.00 di hari Ahad. Penerangan di malam hari, Rudy Hartono berlatih hanya diterangi sinar lampu petromax.

 

Sumber: