Kelebihan dan Kekurangan Kontruksi Cakar Ayam, Pondasi Asli Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Kontruksi Cakar Ayam, Pondasi Asli Indonesia

Kekurangan dan kelebihan pondasi cakar ayam--

Kelebihan dan Kekurangan Kontruksi Cakar Ayam, Pondasi Asli Indonesia 

 

oganilir.co - Pondasi caker ayam, juga dikenal sebagai pondasi strip footing, adalah jenis pondasi dangkal yang terdiri dari balok beton atau batu bata yang diletakkan di bawah dinding atau kolom bangunan. Pondasi ini biasanya memiliki bentuk dan lebar yang mirip dengan jejak cakar ayam, yang meluas di bawah beban struktural untuk mendistribusikan berat bangunan ke tanah di bawahnya. 

 

Disebut pondasi cakar ayam karena bentuknya memang mirip seperti kaki hewan unggas tersebut, di mana di bagian bawah terdapat pipa-pipa beton yang menyerupai cakar alam. Fungsinya mencengkeram kuat tanah di bawahnya agar bangunan yang dibangun di atasnya benar-benar berdiri kokoh.

 

Pondasi ceker ayam umumnya digunakan pada bangunan dengan berat dan tinggi yang tidak terlalu besar, serta pada tanah yang cukup kuat untuk menopang beban bangunan.

 

Kelebihan konstruksi pondasi cakar ayam (strip footing) adalah:

BACA JUGA:Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Lomba Perahu Bidar Kembali Digelar

 

1. Biaya yang Lebih Rendah: Konstruksi pondasi cakar ayam biasanya lebih ekonomis dibandingkan dengan metode pondasi dalam (deep foundation) yang lebih kompleks seperti tiang pancang atau bored pile.

 

2. Pemasangan Cepat: Proses pemasangan pondasi cakar ayam relatif lebih cepat dibandingkan dengan metode pondasi dalam, karena tidak memerlukan peralatan khusus seperti alat pengeboran untuk tiang pancang.

Sumber: