Dangdut Didaftarkan ke UNESCO, Rhoma Irama Puji Pemerintah

Dangdut Didaftarkan ke UNESCO, Rhoma Irama Puji Pemerintah

Rhoma Irama. foto: romaida/jpnn.com--

Dangdut Didaftarkan ke UNESCO, Rhoma Irama Puji Pemerintah

JAKARTA, oganilir.co - Musik dangdut Indonesia akhirnya didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan tak benda.

 

Raja dangdut Indonesia Rhoma Irama menyampaikan kabar tersebut di kawasan Slipi, Jakarta Barat, baru-baru ini. "Tadi sidang penetapan warisan budaya tak benda, oleh Indonesia untuk ke UNESCO," kata Rhoma Irama kepada awak media.

 

Dia menambahkan bahwa usulan dangdut didaftarkan ke UNESCO sudah diwacanakan sejak lama dan baru direalisasikan baru-baru ini. Salah satu aliansi musik Indonesia disebut sudah pernah mengajukan usulan tersebut beberapa waktu lalu. Namun, pengajuan tersebut belum berhasil, karena berbagai kendala teknis.

 

Berkat dorongan pemerintah, lanjut Rhoma Irama, rencana tersebut pun akhirnya bisa terealisasikan pada tahun ini. "Ini kami ulangi lagi, atas bantuan dari Dinas Kebudayaan DKI, akan mendorong ini ke Kemendikbudristek," tuturnya.

BACA JUGA:Wabup H Ardani Buka Lomba Festival Dangdut, 36 Peserta Unjuk Kebolehan

 

Sebagai salah satu legenda di industri musik dangdut, Rhoma mendukung penuh rencana tersebut.

 

Jika berjalan lancar, Rhoma berharap genre dangdut bisa semakin dilirik di kancah internasional. "Di Inggris, sudah ada gemar dangdut di Amerika, Jepang," imbuhnya.

 

Sumber: