Perang Masih Berkobar, Presiden Ukraina Pecat Menteri Pertahanan

Perang Masih Berkobar, Presiden Ukraina Pecat Menteri Pertahanan

Oleksii Rezkinov. foto: Instagram--

Perang Masih Berkobar, Presiden Ukraina Pecat Menteri Pertahanan

KYIV, oganilir.co - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy membuat keputusan besar di tengah perang yang berkecamuk melawan Rusia. Dia akan memecat Menteri Pertahanan Oleksii Rezkinov. 

 

Sebagaimana dilansir dari laman The Guardian, Zelenskiy dalam pidato malamnya melalui video, mengatakan akan memecat Oleksii Reznikov dan akan meminta parlemen minggu ini untuk menggantikannya dengan Rustem Umerov, kepala dana privatisasi utama negara itu.

 

Reznikov menjabat sebagai Menteri Pertahanan sejak November 2021 telah membantu mengamankan miliaran dolar bantuan militer Barat untuk membantu upaya perang. Namun, tuduhan korupsi menyasar Oleksii Rezkinov. Rezkinov menganggap tuduhan yang dialamatkan kepadanya sebagai fitnah.

 

Keputusan tersebut diambil di tengah tindakan keras terhadap korupsi di Ukraina yang sangat ingin ditekankan oleh Zelenskiy.

BACA JUGA:Biden Tegaskan Syarat Ukraina Bergabung dengan NATO

 

Kyiv telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UE dan masyarakat menjadi sangat sensitif terhadap korupsi seiring dengan berkobarnya perang yang tidak kunjung berakhir.

 

Penggantinya Rustem Umerov, mantan anggota parlemen berusia 41 tahun dan merupakan warga Tatar Krimea, telah mengepalai dana properti negara Ukraina sejak September 2022.

 

Sumber: