Kunker ke Muratara, Menteri Agraria Serahkan Sertipikat Tanah ke SAD

Kunker ke Muratara, Menteri Agraria Serahkan Sertipikat Tanah ke SAD

Hadi Tjahjanto tiba di Muratara, Kamis 7 September 2023. foto: zulkarnain SEG--

Kunker ke Muratara, Menteri Agraria Serahkan Sertipikat Tanah ke SAD

MURATARA, oganilir.co - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Sumsel, Kamis 7 September 2023.

 

Hadi Tjahjanto menjadi menteri pertama yang hadir langsung ke Muratara, sekaligus menuntaskan konflik pertanahan yang melibatkan Suku Anak Dalam (SAD) dalam 28 tahun terakhir.

 

Kunjungan mantan Panglima TNI ke Muratara ini didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati Muratara H Devi Suhartoni menggunakan helikopter, tiba di Muratara pada pukul 10.30 WIB.

 

Kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN itu dilakukan dengan peyerahan 13 sertipikat Hak Kepemilikan Bersama terhadap 516 kepala keluarga (KK) warga SAD Tebing Tinggi dan 3 sertipikat Hak Kepemilikan Bersama terhadap 268 KK masyarakat Desa Jadi Mulya. Penyerahan sertipikat berlangsung secara door to door di Desa Tebing Tinggi, Muratara.

BACA JUGA:2 Pelaku Penganiayaan Adik Bupati Muratara Diringkus

 

Perlu diketahui, konflik pertanahan ini dapat diselesaikan berkat sinergi dan kolaborasi dari 4 (empat) pilar, yaitu Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Daerah, aparat penegak hukum (APH), dan lembaga peradilan. 

 

Dalam hal ini, kerja sama dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara, Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Komando Resor Militer (Danrem), Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sumatera Selatan, serta Kantor Pertanahan Kabupaten Musi Rawas Utara.

 

Sumber: