Karhutla Pulau Semambu Ogan Ilir Terbakar

Karhutla Pulau Semambu Ogan Ilir Terbakar

Asap Karhuta menyelimuti Desa Pulau Semambu--

Karhutla Pulau Semambu Ogan Ilir Terbakar

OGANILIR.CO- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir (OI)  terbakar  Sabtu 9 September  sekitar pukul 11.00 Wib .

Teriknya panah membuat lokasi lahan semi gambut sangat mudah terbakar, bahkan titik api yang membakar terpisah pisah, akibat percikan api sempat  terbawa angin hingga jatuh ke areal lainnya .

Petugas BPBD dan anggota Satgas Karhutla dari TNI-Polri berusaha melakukan pemadaman  dengan melalui jalur darat,  dengan peralatan yang terbatas .

BACA JUGA:Dandim 0402/OKI-OI Bersama Danrem 044/Gapo, Lakukan Simulasi Karhutla

Kepala BPBP Pemkab Ogan Ilir Edy Rahmat mengatakan,  tim satgas Karhutla masih terus melakukan pemadaman,  dan belum diketahui berapa luas yang terbakar termasuk penyebab kebakaran tersebut.

‘’Saat ini petugas masih melakukan upaya pemadaman  baik melalui jalur darat mauun udara, semoga tim satgas mampu memadamkan api  hingga tidak terus meluas,’’katanya.

Aipda Hans Berlian, anggota Bhabinkamtibmas  Polres Ogan Ilir yang selama ini  terus mengabdi bertugas penanganan  Karhutla mengatakan,  lahan yang terbakar di Desa Pulau Semambu  merupakan lahan semi gambut .BACA JUGA:Cegah Karhutla, Kodim 0402/OKI Gelar Rapat Antisipasi dan Apel Kesiapsiagaan

‘’Luar biasa hari ini suhu udara, sangat panas, membuat tim satgas karhutla benar-benar kewalahan, selain menghadapi panasnya api juga harus menahan panasnya suhu udaha,’’kata Hans .

Sementara informasi yang diperoleh, wilayah Kecamatan Pemulutan Selatan sempat hujan sekitar 14.00 Wib, namun wilayah lainnya tidak terlihat adanya hujan  (Sid)

Sumber: