Tidak Semua Titik Api Bisa di Jangkau oleh Satgas Karhutla

Tidak Semua Titik Api Bisa di  Jangkau oleh Satgas Karhutla

Apel Satgas Karhutla di Mapolres Ogan Ilir --

Satgas Karhutla Harus Paham Tugasnya 

OGANILIR.CO- Kapolres Ogan Ilir AKBP Andi Baso Rahman menegaskan, agar Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  kabupaten Ogan Ilir harus  paham dan mengerti tugas masing masing dalam penanganan Karhutla.

Penegasan Kapolres tersebut disampaikan pada acara pelaksanaan apel gabungan dalam rangka pengecekan personil dan peralatan pendukung untuk pemadaman Karhutla yang berlangsung di Halaman Mapolres Ogan Ilir, Senin 18 September 2023.

Adapun pemgecekaan peralatan untuk memadamkan titik api seperti  mobil Tangki air bantuan dari PT HK,mobil tangki dari dinas PUPR kabupaten  Ogan Ilir, kendaraan AWC Polres Ogan Ilir, AWC Sat Brimob dan mesin pompa air berikut kondisi alat penyemprot dan selang serta peralatan yang lainya.

BACA JUGA:All Out Tangani Karhutlah, OKI Tambah Posko Siaga

Kapolres Ogan Ilir mengingatkan juga agar  seluruh satgas yang terlibat dalam upaya pemadaman karhutla kabupaten Ogan Ilir  agar setiap satgas paham dan mengerti akan tugasnya masing masing dilapangan, sehingga tidak terjadi kendala dan kesalahan dalam upaya menanggani karhutla yang ada,mulai dari  peralatan yang diperlukan dan dibutuhkan serta alat transportasi

“Misalnya bagaimana sistem pengambilan airnya dan persediaan air yang ada termasuk jalan atau rute yang di tempuh untuk menjangkau lokasi titik api,’’kata Kapolres.

Kapolres AKBP Andi Baso  meminta kepada semua pihak yang terkait untuk selalu melaksanakan koordinasi dalam upaya penanganan titik api yang ada di wilayah Ogan Ilir.

BACA JUGA:Polres OKU Timur Gelar Sholat Istisqa Harap Turun Hujan Atasi Karhutla

“Tidak semua titik api yang ada bisa dijangkau oleh personil dan peralatan yang ada. Untuk itu saya juga meminta kepada personil agar dalam pelaksanaan pemadaman karhutla harus juga memperhatikan keselamatan dan standar operasional yang ada jangan sampai membahayakan keselamatan petugas dilapangan,’’tuturnya.

Untuk lebih memastikan agar setiap satgas yang ada  mengerti dan paham akan tugasnya masing masing Kapolres Ogan Ilir langsung melakukan komunikasi kepada satgas Karhutlah yang ada, termasuk Anggota  Brimob kompi  C Ogan Ilir.(Sid)

 

Sumber: