Pemilik Motor Matik Wajib Tahu 3 Komponen Penting ini

Pemilik Motor Matik Wajib Tahu 3 Komponen Penting ini

Foto: Dok, pribadi--

Pemilik Motor Matik Wajib Tahu 3 Komponen Penting ini

 

oganilir.co - Motor matik di Indonesia sudah banyak peminatnya. Karena motor matik sangat mudah digunakan dan nyaman dikendarai.

Agar motor matik Anda memiliki umur yang panjang, ada baiknya mengetahui 3 komponen penting pada motor matik, yaitu: 

1. V Belt

V-belt atau sabuk V adalah salah satu komponen penting dalam motor matik, dan fungsinya adalah sebagai berikut:

- Transmisi Tenaga: V-belt digunakan untuk mentransmisikan tenaga dari mesin ke transmisi atau ke roda belakang motor. Ini adalah komponen yang memungkinkan mesin menggerakkan roda dengan menghubungkan mesin dengan transmisi atau pulley roda belakang.

BACA JUGA:11 Cara Mudah Merawat Motor Dari Rumah

- Transmisi Variabel: Motor matik sering menggunakan sistem transmisi variabel kontinu (CVT) yang mengubah perbandingan gigi secara otomatis untuk mengoptimalkan tenaga dan kecepatan. V-belt dalam CVT berperan dalam mengubah diameter efektif pulley untuk mengatur perbandingan gigi, sehingga motor matik dapat bekerja efisien di berbagai kecepatan.

- Mengurangi Getaran: V-belt juga dapat membantu mengurangi getaran yang ditransmisikan dari mesin ke kendaraan, meningkatkan kenyamanan berkendara.

2. Roller

Roller pada motor matik adalah bagian penting dari sistem transmisi variabel kontinu (CVT) dan memiliki beberapa fungsi utama:

- Mengatur Perbandingan Gigi: Roller digunakan dalam pulley-driven CVT untuk mengatur perbandingan gigi. Saat motor berakselerasi, roller akan bergerak ke luar, menyebabkan pulley penggerak (driver pulley) berdiameter kecil dan pulley pengikut (driven pulley) berdiameter besar. Ini menghasilkan perbandingan gigi yang rendah, sehingga mesin dapat memindahkan kendaraan dengan cepat.

BACA JUGA:Jangan Panik, ini 6 Cara Mudah Atasi Mesin Motor Mati Mendadak

Sumber: