Angka ISPU Palembang 305, Pj Wako Khawatir Kesehatan Warga

Angka ISPU Palembang 305, Pj Wako Khawatir Kesehatan Warga

Ratu Dewa menyampaikan sambutan menjelang pelaksanaan Salat Istisqa, Sabtu 30 September 2023. Foto: dendi romi/oganilir.co--

Angka ISPU Palembang 305, Pj Wako Khawatir Kesehatan Warga

PALEMBANG, oganilir.co - Kabut asap yang menyelimuti udara Kota Palembang sudah masuk tahap mengkhawatirkan. Karena itu Pemerintah Kota Palembang langsung melaksanakan Salat Istisqa, Sabtu 30 September 2023 pukul 08.00 WIB. 

 

"Pagi tadi saya mendapat laporan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palembang bahwa ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) mencapai angka 305," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang H Ratu Dewa dalam sambutannya menjelang Salat Istisqa di halaman kantor Wako Palembang, Sabtu 30 September 2023 pagi. 

 

Angka ISPU 305 itu, lanjut Ratu Dewa, sudah masuk kategori tinggi atau darurat. Istilahnya sudah asap hitam atau pekat. "Ini sudah darurat," ujar Ratu Dewa. 

BACA JUGA:Pemkot Palembang Gelar Salat Istisqa, Khatib Ingatkan Sejarah Nabi Musa

 

Pemkot Palembang, tambah Ratu Dewa, sudah berikhtiar mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. Tetapi hal itu masih terjadi. Kabut asap masih menyelimuti udara Kota Palembang.

 

"Satu-satunya cara mencegah kebakaran hutan dan lahan adalah dengan hujan. Salat Istisqa satu-satunya cara dengan meminta turunnya hujan kepada Allah," terangnya. 

 

Karena itu, jelas Ratu Dewa, pihaknya memerintahkan 1.990 masjid, musala, langgar untuk melaksanakan Salat Istisqa.

 

Sumber: