Luar Biasa, 13 Kades di Kecamatan Mesuji Makmur OKI Sulap Mobil Pick Up Jadi Armada Karhutla

Luar Biasa, 13 Kades di Kecamatan Mesuji Makmur OKI Sulap Mobil Pick Up Jadi Armada Karhutla

Armada karhutla milik Kades di Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI. Foto: istimewa--

Luar Biasa, Kades di Kecamatan Mesuji Makmur OKI Sulap Mobil Pick Up Jadi Armada Karhutla

KAYUAGUNG, oganilir.co - Inovasi para kepala desa di Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) patut diacungi jempol. Dengan kreativitas para kepala desa ini berhasil ‘menyulap’ mobil bak terbuka jadi armada pemadam kebakaran.

 

Berawal dari kebakaran lahan yang melanda kebun warga, muncul ide kreatif di benak para kepala desa di Kecamatan Mesuji Makmur agar cepat ditanggulangi. Saat ini dari 19 desa, 13 desa diantaranyq sudah memiliki armada pemadqm karhutla. 

 

"Ide kreatif dari para kepala desa untuk mengatasi karhutla sudah ada 13 unit armada desa lainnya segera menyusul," kata Camat Mesuji Makmur, Imam Tohari melalui sambungan telepon, Jumat 6 Oktober 2023.

BACA JUGA:Sukaduka Petugas Pemadam Karhutla, 20 Hari Baru Ketemu Keluarga

Imam menceritakan, keberadaan armada pemadam karhutla ini lebih memudahkan  aparat desa menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah desanya. 

 

"Kita membantu Satgas daerah yang berjibaku melawan karhutla, para kepala desa dan masyarakat tanggap terhadap bencana in," ujarnya. 

 

 

Kata Imam, armada Damkar milik desa ini berkonsep  sederhana namun multifungsi yang berguna untuk membantu memadamkan api ketika kebakaran.

 

Sumber: