Polisi Akan Gelar Kembali Tilang Uji Emisi, Sasar Wilayah Polusi Tinggi

Polisi Akan Gelar Kembali Tilang Uji Emisi, Sasar Wilayah Polusi Tinggi

Ilustrasi, foto: istimewa --

Polisi Akan Gelar Kembali Tilang Uji Emisi, Sasar Wilayah Polusi Tinggi

JAKARTA, oganilir.co - Polisi akan melakukan kembali tilang uji emisi pada 1 November di DKI Jakarta. Sasaran penilangan fokus pada wilayah dengan polusi tinggi.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, “sebenarnya kami akan melakukan tilang uji emisi ke wilayah yang kualitas udaranya buruk,” ujarnya kepada wartawan, Minggu 15 Oktober 2023.

Saat ditanyai dimana lokasi pasti tilang uji emisi nanti ? Latif masih enggan memberikan informasi secara gamblang. Ia mengungkapkan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Nanti teknisnya akan kita bicarakan lebih lanjut sehingga masyarakat juga nyaman. sampai mengganggu aktivitas masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Salah Pembeli, Pelaku Curanmor Jual Motor Curian ke Polisi

Latif mengaku, Tilang uji emisi tidak hanya berlaku di kendaraan, Polisi juga menyasar pabrik-pabrik di Jakarta yang juga menjadi salah satu penyumbang polusi udara.

Nanti juga Satgas Polusi Udara akan bertugas terus, kami di bidang masalah kendaraan bermotor, mungkin dari pabrik yang mengeluarkan asap dan sebagainya itu kan ada bagian sendiri juga melakukan itu, ungkapnya.

Sebelumnya, juru bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, menjelaskan alasan sanksi tilang kembali diterapkan setelah sebelumnya dinyatakan kurang efektif.

"Kemarin sempat dihentikan karena kita fokus memberikan akses seluas mungkin, memberikan akses masyarakat ikuti uji emisi. Sekarang setelah sekian lama dianggap sudah cukup jadi tilang akan kembali diberlakukan. Harapannya partisipasi masyarakat bahwa kendaraan pribadi lulus uji emisi akan lebih banyak lagi," kata Ani dalam konferensi pers, Jumat (6/10).

BACA JUGA: Viral Curhatan dari Keluarga Pasutri yang Tewas Ditabrak Truk, Polisi Beri Respon Tegas

Dalam hal ini, Ani memastikan telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Kedua pihak sepakat uji emisi diterapkan di awal bulan depan.

Sumber: