Polda Sumsel Supervisi Pengaman Objek Vital Pemilu

Polda Sumsel Supervisi Pengaman Objek Vital Pemilu

Persiapan keamanan Pemilu --

Polda Sumsel Supervisi Pengaman Objek Vital Pemilu

MURATARA, oganilir.co - Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamovit) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) lakukan suvervisi di KPUD dan Bawaslu Kabupaten Muratara. Mulai jalur evakusi, CCTV hingga pengamanan penyelengga menjadi pusat perhatian.

Kasubdit Waster Direktorat Pengamanan Objek Vital, AKBP Edi Nugraha, Kamis 26 Oktober 2023 sekitar pukul 09.00 WIB, menyambangi KPUD Muratara, dan melakukan sejumlah monitoring dan supervisi. 

"Kami sudah melakukan pengecekan untuk lokasi seperti kantor KPUD Muratara, baik bagaimana pengaman saat pelaksanaan KPU, kesiapan ornamen kesiagaan seperti petugas keamanan, CCTV, gerbang masuk jalur evakuasi, hingga riwayat pengamanan sebelumnya," ucapnya.

Pihaknya menyarankan, pihak KPUD Muratara agar menambah jumlah petugas pengamanan, menginggat ada tiga titik objek vital yang mesti di amankan. Seperti dua gudang politik, dan satu kantor KPUD Muratara.  

BACA JUGA:Polres Banyuasin Lakukan Koordinasi Persiapan Pemilu

"Untuk saat hari pelaksanaan juga diperlukan aat pengamanan lainnya, seperti saat komisioner menemui tamu, atau ada tamu yang berkunjung harus dilakukan pengecekan menggunakan metal detektor," tegasnya.

AKBP Edi Nugraha menegaskan, jika peningkatan eskalasi pengamanan terhadap objek vital dan petugas penyelenggara itu sangat diperlu dilakukan untuk menjamin keamaanan dalam kesuksesan Pemilu serentak.

"Untuk tambahan lain mungkin untuk jalan nasional yang ada di depan kantor KPU dan Bawaslu, jangan sampai aktivitas penyelenggaraan Pemilu menganggu akses jalan Nasional," bebernya.  

Menurutnya, hal serupa juga akan diterapkan di Bawaslu Muratara, sehingga harus ada strategi matang dalam pengamanan Pemilu di Muratara. Sementara itu, ketua Komisioner KPUD Muratara Agus Maryanto mengungkapkan, pihaknya akan melaksanakan saran dan arahan yang diberikan Polda Sumsel dalam hal persiapan pengamanan Pemilu.     

BACA JUGA:KPU Banyuasin Sosialisasi Pemilu Serta Tingkatkan Partisipasi Pemilih Bagi Pemula dengan Cara Nobar

"Seperti penggunaan metal detektor itu baru perdan di KPUD Kita Muratara, itu sangat bagus sekali. Jadi jangan sampai ada yang membawa sajam atau benda berbahaya. Dan kantor KPUD harus steril," bebernya.        

Pihaknya mengaku, untuk ketersediaan CCTV juga dianggap sudah cukup, namun hanya dibutuhkan perubahan titik fokus untuk melakukan pemantauan kamera.   

Sementara itu, komisioner Bawaslu Muratara, Farlin Ardian mengungkapkan hal senada, dalam menjalankan fungsi sebagai pengawas penyelenggara pemilu. Pihaknya sangat erat berkaitan dengan pengaman.    

Sumber: