Kapolda Sumsel Tinjau Karhutla, Titik Api Banyak di Tulung Selapan

Kapolda Sumsel Tinjau Karhutla, Titik Api Banyak di Tulung Selapan

Rachmat Wibowo meninjau lokasi karhutla di Kecamatan Tulung Selapan, OKI, Rabu 4 Oktober 2023. --

Kapolda Sumsel Tinjau Karhutla, Titik Api Banyak di Tulung Selapan

KAYUAGUNG, oganilir.co -  Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmat Wibowo didampingi pejabat Utama Polda Sumsel serta Kapolres OKI AKBP Diliyanto SIK SH MH turun langsung ke Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu 4 Oktober 2023.

 

Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmat Wibowo mengatakan, dari hasil pantauan satelit cuaca, kebakaran hutan dan lahan banyak terjadi di kecamatan Kabupaten OKI. Salah satunya Kecamatan Tulung Selapan. "Tadi kami sudah bertemu dengan pejabat di Kecamatan Tulung Selapan termasuk kades, tokoh ulama, tokoh masyarakat serta perusahaan," kata Rachmat Wibowo.

 

Dia mengimbau masyarakat jangan membakar lahan. Hati-hati menggunakan api saat di lahan jangan sampai terbakar, apalagi dengan sengaja. Kemudian dia meminta kepada seluruh perusahaan bersama pemerintah kecamatan dan seluruh warga untuk membuat embung.

BACA JUGA:Pemkab OKI Minta Kades Pro Aktif Tanggulangi Karhutla

 

"Air sekarang sudah sangat sulit, nanti kalau sudah ada embung, kita akan mengarahkan helikopter beroperasi di situ. Helikopter water bombing  itu jam terbangnya terbatas.  Tergantung sumber air yang tidak jauh dari sumber api,' jelasnya.

 

Lalu yang ketiga ada pasukan Brimob Polda Sumsel yang diperkuat dengan pasukan Samapta untuk memadamkan api-api kecil. Ada pompa.air, ada selang, jet shooter kalau ada api besar tidak sanggup untuk dilakukan oleh manusia harus menggunakan alat.

 

Sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat, bersama TNI, Polri, BPBD, BNPB, Manggala Agni sama-sama menjaga agar tidak terjadi karhutla di wilayah Tulung Selapan," ajaknya.

 

Sumber: