Jelang Hari Pahlawan, Kodim 0402 OKI Bersihkan Monumen Serma Abdul Muis

Jelang Hari Pahlawan, Kodim 0402 OKI Bersihkan Monumen Serma Abdul Muis

Anggota Kodim 0402 OKI dan warga Desa Batun Baru membersihkan patung pejuang Serma Abdul Muis, Selasa 7 November 2023. --

Jelang Hari Pahlawan, Kodim 0402 OKI Bersihkan Monumen Serma Abdul Muis

KAYUAGUNG, oganilir.co - Memperingati Hari Pahlawan, Kodim 0402/OKI bekerja sama dengan perangkat Desa Batun Baru dan masyarakat setempat melaksanakan karya bakti pengecatan dan pembersihan monumen patung pejuang Serma Abdul Muis yang berada di Desa Batun Baru, Kecamatan Jejawi, kabupaten OKI, Selasa 7 November 2023.

Komandan kodim 0402/OKI Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane diwakili Kasdim Mayor Czi Saipul Anwar mengatakan bahwa kegiatan karya bakti ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2023, yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya wujud mencintai para pahlawan dan upaya menanamkan nilai nilai kejuangan pada masyarakat, khususnya para generasi muda.

"Kegiatan yang kita lakukan adalah mengecat monumen patung Serma Abdul Muis serta membersihkan di seputaran monumen," kata Saipul Anwar.

BACA JUGA:Kodim 0402 OKI Gelar Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda

Kegiatan pembersihan dan pengecatan  ini merupakan wujud kepedulian terhadap para pejuang kemerdekaan dan pendahulu yang rela berkorban demi bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

"Selain itu pula untuk mengingatkan kami yang masih berdinas aktif di TNI AD dan masyarakat seluruhnya agar selalu menjaga hasil perjuangan yang telah diraih dengan susah payah sampai saat ini," ungkap Kasdim.

Saipul Anwar menambahkan, kegiatan pembersihan dan pengecatan monumen patung Serma Abdul Muis ini dilaksanakan swadaya Kodim 0402/OKI dan partisipasi masyarakat Desa Batun Baru (Kades).

"Melalui kegiatan ini kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk merawat dan memelihara monumen tersebut terutama masalah kebersihannya, siapa lagi yang akan merawat dan memeliharanya kalau bukan kita semua sebagai bentuk wujud penghargaan kita terhadap para pahlawan dan pejuang bangsa. Kami bangga di wilayah OKI ada pahlawan yang gagah berani," tandasnya.

BACA JUGA:Jumat Berkah, Kodim 0402 OKI Bagikan Nasi Kotak

Perlu diketahui monumen tersebut didirikan pada tahun 1984. untuk mengenang sosok Serma Abdul Muis pejuang syahid yang menyalamatkan Jejawi dari serangan tentara NICA (Netherland Indies Civil Administration - Pemerintahan Sipil Hindia Belanda) pada tahun 1947.

Sumber: