Usai Sidak ke Pasar Tradisional, Pj Bupati Banyuasin Siap Gelar Pasar Murah

Usai Sidak ke Pasar Tradisional, Pj Bupati Banyuasin Siap Gelar Pasar Murah

Hani Syopiar Rustam berbincang dengan pedagang cabai di Pasar Pangkalan Balai, Selasa 7 November 2023. foto: aqda SEG--

Usai Sidak ke Pasar Tradisional, Pj Bupati Banyuasin Siap Gelar Pasar Murah

BANYUASIN, oganilir.co - Menekan laju inflasi dan harga sembako yang meroket di wilayah Kabupaten Banyuasin, Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH didampingi Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan terjun langsung ke pasar Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Banyuasin, Selasa 7 November 2023.

Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam SH datang berinteraksi dengan masyarakat dan pedagang sembako di Pasar Pangkalan Balai, ditemukan adanya kenaikan harga kebutuhan harga pokok.

"Setelah kita lihat dan cek langsung ke para pedagang, ternyata memang benar harga kebutuhan pokok memang terindikasi masih tinggi, seperti cabai, bawang," kata Hani Syopiar Rustam.

Oleh karena itu, dia akan melakukan 2 (dua) dari 9 (sembilan) langkah upaya pengendalian inflasi seperti menggelar pasar murah dan lain sebagainya. "Kita akan ambil langkah atau arah kebijakan ke depan," imbuhnya.

BACA JUGA:Komplotan Begal di Banyuasin Beraksi, 2 Berhasil Dibekuk

Pemkab Banyuasin akan bekerja sama dengan DPRD Banyuasin dan TP PKK untuk mengadakan pasar bazar murah secara rutin mingguan sebagai upaya menekan harga yang cenderung tinggi tersebut."Rutin giat pasar murah," ungkapnya.

Tidak hanya di Pasar Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III tapi juga di pasar-pasar lainnya yang ada di 21 kecamatan di Banyuasin. Tentunya dengan giat-giat seperti itu dapat menekan angka inflasi di wilayah Kabupaten Banyuasin. "Itu tujuannya," bebernya. 

Pastinya juga dapat membantu masyarakat di Kabupaten Banyuasin dengan membeli harga kebutuhan barang pokok dengan harga murah. "Membantu masyarakat," tegasnya. Akhir dari kegiatan ini pastinya menekan angka inflasi di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumsel dan di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:KPU-Bawaslu Banyuasin Terima Dana Hibah, ini Jumlahnya

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Industri, UKM dan Perdagangan Banyuasin Alpian menyatakan kalau memang harga sembako ada yang mengalami kenaikan. Seperti harga cabai merah besar Rp70 ribu/kg, cabai merah keriting Rp70 ribu/kg, cabai rawit merah Rp80 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp70 ribu/kg,cabai burung Rp100 ribu/kg. kemudian bawang merah Rp 25 ribu/kg dan untuk bawang putih dan Bombay Rp30 ribu/kg.

"Kita adakan pasar murah, untuk tekan harga kebutuhan pokok masyarakat," ucapnya.

Sumber: