Catat, ini 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Catat, ini 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Daun Jambu Biji--

Catat, ini 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

oganilir.co - Daun jambu biji seringkali dipakai untuk pengobatan alami misalnya, untuk membantu mengatasi diare  tidak heran jika banyak dikalangan masyarakat masih menggunakan cara ini.

Selain dari buahnya yang kaya akan vitamin C namun juga dengan daunnya ternyata banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut 4 Manfaat Daun Jambu Biji untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol 

BACA JUGA:Ini Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan, No 5 Wajib Baca

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Nutrition and Metabolism, peserta penelitian yang minum teh daun jambu biji memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah setelah delapan minggu. Kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) adalah salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein yang mengangkut semua molekul lemak ke seluruh tubuh. Kelebihan golongan kolesterol inilah yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan khususnya jantung.

2. Mengatasi Diare 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo, ekstrak daun jambu biji menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, penyebab umum diare. Orang yang menderita diare yang minum teh daun jambu biji dapat meredakan gejala sakit perut, tinja encer, dan kondisinya dapat pulih lebih cepat, menurut Drugs.

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan, Sifat Antioksidan dan Menenangkan

3. Meredakan Demam dan Batuk

 Daun jambu biji mengandung vitamin C dan zat besi yang tinggi. Rebusan daun jambu biji sangat membantu meredakan batuk dan pilek karena membantu menghilangkan dahak. Ini juga mendisinfeksi saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru.

4. Mengurangi Rasa Sakit Gigi 

Daun jambu biji bersifat anti-inflamasi dan membantu menjaga kesehatan mulut. Teh daun jambu biji berfungsi sebagai pengobatan ala rumahan yang luar biasa untuk sakit gigi, gusi bengkak, dan sariawan karena zat anti-bakterinya yang kuat. Anda juga bisa menggiling daunnya menjadi pasta dan mengoleskannya pada gusi serta gigi Anda untuk menyembuhkan rasa sakit.

Sumber: