Jadi Timses Caleg, Camat Muara Telang Banyuasin Dipanggil Inspektorat

Jadi Timses Caleg, Camat Muara Telang Banyuasin Dipanggil Inspektorat

Erwin Ibrahim. --

Jadi Timses Caleg, Camat Muara Telang Banyuasin Dipanggil Inspektorat 

BANYUASIN, oganilir.co - Diduga melakukan politik praktis dengan mengajak masyarakat memilih salah satu caleg partai politik,(parpol) di wilayah Kecamatan Muara Telang, Camat Muara Telang inisial AS langsung dipanggil oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, Senin 6 November 2023 lalu.

"Sudah dipanggil menghadap sekda," kata Inspektur Kabupaten Banyuasin Zakirin.

Kemudian juga yang bersangkutan sudah membuat surat konfirmasi (jawaban politik praktis dan lalai dalam melayani masyarakat)."Ada dua surat konfirmasi, satu mengenai politik praktis dan pegawai kantor Camat Muara Telang tidak masuk kerja (bolos), Jumat (3/11)," katanya.

Erwin Ibrahim, Sekda Banyuasin juga mengatakan kalau yang bersangkutan telah dipanggil dan telah mengakui kesalahannya."Atas perintah PJ Bupati yang bersangkutan kita panggil," ucapnya.

BACA JUGA:Usai Sidak ke Pasar Tradisional, Pj Bupati Banyuasin Siap Gelar Pasar Murah

Tentunya mengenai laporan masyarakat terhadap bersangkutan AS diduga melakukan politik praktis pihaknya telah memberikan arahan dan mengingatkan untuk netral dalam berpolitik."Karena yang bersangkutan itu ASN, dan ada UU yang mengatur soal itu (ASN Netral)," tukasnya. 

Namun karena saat ini belum masuk dalam masa kampanye, oleh sebab pihaknya hanya sebatas memberikan teguran yang bersifat mengingatkan."Jika nantinya saat masa kampanye dan ada ASN yang terbukti terlibat dalam tindakan politik praktis. Akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan berlaku," ungkapnya.

Lebih lanjut AS juga dimintai keterangan mengenai pegawai kantor camat Muara Telang Jumat (3/11) lalu sepi atau banyak yang bolos. "Yang bersangkutan berjanji akan memberikan pelayanan optimal terhadap masyarakat terutama di hari dan jam kerja," tegasnya.

Erwin menghimbau dengan tegas kepada ASN terutama di wilayah Kabupaten Banyuasin harus dapat memahami hak dan tanggung jawab, wajib melaksanakan pelayanan publik secara optimal, terutama jam kerja. 

BACA JUGA:Komplotan Begal di Banyuasin Beraksi, 2 Berhasil Dibekuk

Selain itu tahapan pemilu sudah dekat, sekarang belum masuk tahapan tapi akhir November sudah mulai masuk tahapan, agar bersikap netral, fokus ke pelayanan."Kita sukseskan pemilu legislatif, pemilu presiden dan Pilkada dgn menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan. Jangan ikut politik praktis," terangnya.

Terpisah, Camat Muara Telang AS ketika dikonfirmasi kalau dirinya sudah dipanggil sekda dan telah memberikan pernyataan terkait hal yang menimpa dirinya. Mengenai politik praktis, dirinya membantah hal tersebut.

Sumber: