KPU-Bawaslu Banyuasin Terima Dana Hibah, ini Jumlahnya

KPU-Bawaslu Banyuasin Terima Dana Hibah, ini Jumlahnya

Hani Syopiar Rustam menandatangani NPHD, Senin 6 November 2023. foto: aqda SEG--

KPU-Bawaslu Banyuasin Terima Dana Hibah, ini Jumlahnya

BANYUASIN, oganilir.co - Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam SH melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuasin Tahun 2024 di Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Senin 6 November 2023.

Dalam penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin akan menerima kucuran dana hibah pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebesar Rp63.664.407.350. "Sebesar Rp63 miliar untuk dana hibah Pilkada," kata Mubarok, ketua KPU Banyuasin didampingi Bahrial Syah, anggota KPU Divisi Humas dan Parmas.

Dana hibah pilkada itu sendiri akan dipergunakan khusus untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada). "Karena untuk pileg, akan menggunakan APBN. Kita tidak boleh menggunakan dia anggaran," ujarnya.

BACA JUGA:Stressing KPK, Pejabat Pemkab Banyuasin Wajib Tempati Rusunawa

Dia menambahkan dana hibah itu akan mulai digunakan menunggu tahapan pilkada di mulai pada Tahun 2024 mendatang. "Tapi pasca sudah ditandatangani (Naskah Perjanjian Hibah Daerah), 15 hari sudah wajib ditransfer 40 persen," tegasnya. Kemudian Bawaslu Banyuasin juga akan menerima kucuran dana sebesar Rp16 miliar.

"Iya 16 Miliar," kata Muslim anggota Bawaslu Banyuasin Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi.

Sementara itu,  Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH mengatakan sesuai amanat reformasi penyelenggaraan pemilu dan pemilihan umum kepala daerah harus dilaksanakan secara serentak, berkualitas agar lebih menjamin derajat kompetisi yang sehat, partisipatif, akuntabilitas serta memiliki pertanggung jawaban yang jelas.

"Menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban pemilu ini menjadi tanggung jawab bersama," imbuhnya.

BACA JUGA:2 Bulan Menjabat, Pj Bupati Banyuasin Sudah Diminta Mundur, ini Penyebabnya

Dia berharap dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat terpilih nanti pemimpin yang akan menjadikan masyarakat Banyuasin akan lebih baik dan sejahtera.

Selain penandatanganan NPHD, juga ada penandatanganan Pkta Integritas dan komitmen bersama untuk pelaksanaan Pemilu Damai oleh Pj Bupati Banyuasin, Ketua KPU, Ketua Bawaslu disaksikan Ketua DPRD Banyuasin, Sekda dan sejumlah kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Sumber: