Dugaan Pelecehan Seksual di BEM FMIPA UNY, ini Klarifikasi Dekanat

Dugaan Pelecehan Seksual di BEM FMIPA UNY, ini Klarifikasi Dekanat

Universitas Negeri Yogyakarta. --

Dugaan Pelecehan Seksual di BEM FMIPA UNY, ini Klarifikasi Dekanat

YOGYAKARTA,, oganilir.co - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tercoreng dengan kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam (MIPA). Dugaan pelecehan seksual itu dilakukan oleh anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA itu terungkap di akun Twitter atau X @UNYmfs pada Jumat 10 November 2023 dan telah direspons oleh dekanat dan Satgas Pencegahan dan Penanganan kekerasan Seksual (PPKS) UNY.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumberdaya FMIPA UNY, Ali Mahmudi, mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran. Menurutnya informasi yang diperoleh di medsos tidak dapat menjadi dasar karena terbatas dan cuitan di X dikabarkan telah diturunkan.

Dalam postingan tersebut juga mencantumkan nomor induk mahasiswa (NIM) terduga pelaku. Menyadur dari JawaPos.com, Dekan FMIPA UNY, Dadan Rosana, mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasi kepada terduga pelaku.

BACA JUGA:Hadiri Yudisium Mahasiswa PPG FKIP, ini Pesan Rektor Unsri

“Yang bersangkutan bersedia diperiksa jejak digitalnya. Ia merasa itu fitnah," kata Dadan.

Kasus ini juga belum mendapatkan kepastian siapa korbannya. Selain itu, UNY telah mencari informasi admin akun X @UNYmfs. Selain itu, juga melibatkan Satgas PPKS UNY agar lebih transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

BEM UNY melalui Instagram resminya, @bem.uny, mengunggah pernyataan Satgas PPKS UNY pada storynya. Pernyataan tersebut berisi 4 poin, yaitu:

Berdasarkan informasi awal, kasus tersebut melibatkan seorang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

Satgas PPKS telah berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA dan BEM FMIPA untuk meminta keterangan dari terduga pelaku. Proses verifikasi resmi terus berjalan untuk mendapatkan kebenaran informasi.

BACA JUGA:Beasiswa Khusus Mahasiswa Teknik dari Jaya Obayashi, Cek Syarat dan Jadwalnya

Saat ini sedang dilakukan pencarian terhadap penyintas yang mengunggah ceritanya ke media Twitter @UNYmfs, silakan bagi yang memiliki informasi dapat menghubungi Satgas PPKS UNY,

Satgas PPKS UNY terus berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA, BEM KM UNY, BEM FMIPA, Dinas P3AP2, Polda DIY, dan Pihak-pihak terkait lainnya untuk terus mengusut tuntas kasus ini.

Selain itu, dalam pernyataan Satgas PPKS UNY menyatakan terus berupaya melakukan pengawalan dan memastikan kebenaran informasi dugaan tindakan kekerasan seksual di UNY ini. Selain itu, juga mengimbau kepada masyarakat untuk kritis dalam bermedia sosial dan bijak dalam memahami informasi.

Sumber: