5 Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Dapat Mencegah Diabetes Melitus

5 Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Dapat Mencegah Diabetes Melitus

Buah ciplukan. --

5 Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Dapat Mencegah Diabetes Melitus

oganilir.co - Ciplukan merupakan tanaman semak yang tumbuh liar di pinggir selokan, kebun, dan tepian sungai.

Ciplukan memiliki buah yang unik karena bersembunyi di dalam kelopak seperti daun tipis. Saat matang sempurna, buah ini rasanya cukup manis dan lezat.

Selain itu, buah ciplukan dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal sejak lama. Dari seluruh bagian daun, akar, dan batangnya. Buah ini juga mengandung vitamin C, asam sitrun, fisalin, tanin, zat gula, kripoxantin, asam malat, dan alkoloid.

Akar dan batang ciplukan mengandung saponin dan flavonoid. Daunnya juga mengandung polifenol dan asam klorogenat. Serta bijinya mengandung elaidic acid.

BACA JUGA:Catat, ini 3 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh

Mengandung zat aktif dan vitamin, ciplukan memiliki manfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan  sejumlah penyakit.

Ada beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memang bukanlah penyakit menular. Tetapi, tekanan darah tinggi bisa memicu timbulnya komplikasi bila tidak ditangani. Akar dan batang ciplukan mengandung flavonoid yang berperan sebagai pengontrol tekanan darah.

2. Diabetes Melitus

Akar dan batang ciplukan juga efektif mengobati penyakit diabetes melitus atau sering disebut kencing manis. Hal ini disebabkan, akar dan batang ciplukan mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar gula.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Durian Bagi kesehatan, Nomor 2 Pria Wajib Baca

3. Batu Ginjal

Sumber: