Huawei Tinggalkan Android, Pemilik Smartphone Wajib Tahu Penggantinya

Huawei Tinggalkan Android, Pemilik Smartphone Wajib Tahu Penggantinya

Huawei.--

Huawei Tinggalkan Android, Pemilik Smartphone Wajib Tahu Penggantinya

oganilir.co - Huawei sepertinya akan meninggalkan teknologi Android sebagai pendukung smartphone-nya. Ya, produsen ponsel pintar asal China itu dikabarkan akan sepenuhnya meninggalkan Android dan menciptakan ekosistemnya sendiri.

Dikutip dari Androidpolice, ke depan para pengguna Huawei dikabarkan tak bisa lagi menginstal APK Android di ponsel pintarnya. Smartphone Huawei hanya akan memberikan dukungan pada aplikasi yang didukung oleh HarmonyOS NEXT.

Di China, sudah banyak orang yang menggunakan Huawei dengan HarmonyOS. Total sudah lebih dari 700 juta ponsel pintar yang beredar. Namun bagaimana dampak dukungan HarmonyOS ke ponsel internasional, saat ini masih belum ada kepastian. Lantas sebenarnya apa itu HarmonyOS?

Mengenal HarmonyOS

BACA JUGA:Harga Huawei P40 Pro Turun Dratis, Salah Satu HP dengan Kualitas Kamera Terbaik

Dikutip dari Makeuseof, HarmonyOs memiliki nama lain di China yakni HongMeng OS. HarmonyOS adalah sistem operasi internal yang telah dikembangkan Huawei sejak tahun 2012. Sistem operasi ini muncul dari ide beberapa eksekutif perusahaan yang mengadakan pertemuan tertutup untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap Android.

Tahun 2019, pemerintah AS mengeluarkan larangan yang mengakibatkan Huawei harus kehilangan dukungan layanan Google. Oleh sebab itu, perusahaan kemudian berupaya mewujudkan ide-ide terkait HarmonyOS yang kemudian diperkenalkan kepada dunia. HarmonyOS merupakan sistem operasi berbasis mikrokernel yang dirancang untuk digunakan pada semua perangkat Huawei.

HarmonyOS merupakan sistem operasi berbasis mikrokernel yang dirancang untuk digunakan pada semua perangkat Huawei. Keunggulan HarmonyOS yakni mikrokernel lebih modular sehingga ia lebih ringan dan fleksibel. Jika Google dan Apple menjalankan sistem operasi berbeda untuk perangkat berbeda, Huawei memiliki visi untuk memiliki sistem operasi dengan kemampuan lintas fungsi.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi dan Harga Terbaru Huawei P50 Pro, Kualitas Kamera di Luar Nalar

Awalnya, ide penggunaan HarmonyOs hanya untuk perangkat rumah pintar, laptop, dan berbagai perangkat yang dikenakan seperti jam tangan.

Akan tetapi, Huawei kemudian menerapkan HarmonyOS untuk smartphone dan tablet. HarmonyOS NEXT Huawei telah mengumumkan mereka akan merilis HarmonyOS NEXT di waktu yang akan datang. Huawei berencana memperkenalkan berbagai aplikasi bawaan yang ada pada HarmonyOS ini.

Dikutip dari GizChina, perusahaan bahkan telah melatih banyak tenaga untuk memiliki keahlian sebagai pengembang HarmonyOS.

Bahkan HarmonyOS NEXT Huawei telah mengumumkan mereka akan merilis HarmonyOS NEXT di waktu yang akan datang. Huawei akan memperkenalkan berbagai aplikasi bawaan yang ada pada HarmonyOS ini.

Sumber: