Mom Wajib Tahu, ini Cara Memasak Beras Merah Biar Terasa Pulen

Mom Wajib Tahu, ini Cara Memasak Beras Merah Biar Terasa Pulen

Beras merah.--

Mom Wajib Tahu, ini Cara Memasak Beras Merah Biar Terasa Pulen

oganilir.co - Mengonsumsi beras merah saat ini banyak dilakukan masyarakat. Hal itu dilakukan banyak orang untuk mendukung gaya hidup sehat, terutama bagi mereka yang ingin mencegah risiko diabetes.

Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah. Serat yang terkandung dalam beras merah juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengendalikan kadar gula darah, dan memenuhi rasa kenyang lebih lama.

Dibanding beras putih, nasi yang berasal dari beras merah terasa kering dan kurang pulen. Sehingga membuat beberapa orang ragu untuk mengonsumsinya.

Mengutip dari ANTARA berdasarkan informasi Dailymeal Rice pada Selasa 21 November 2023, seorang petani wirausaha dan peneliti lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Ali Zum Mashar memberikan beberapa tips memasak beras merah agar tetap pulen, nikmat, dan nutrisinya tidak hilang akibat proses pemasakan.

BACA JUGA:4 Manfaat mengonsumsi Ceker Ayam Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Wanita Pasti Suka

1. Mencuci beras

Beras merah bisa dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran. Kemudian, lakukan proses perendaman beras merah selama 2-4 jam sebelum dimasak dapat membuatnya lebih mudah mekar dan mengurangi teksturnya yang keras atau kering.

Menurut Peneliti IPB, jika menggunakan beras berkualitas, beberapa varietas beras merah tidak memerlukan proses perendaman yang panjang.

"Satu kali pencucian juga sudah cukup," ungkap Prof Ali.

 2. Takaran air yang tepat

Untuk mendapatkan tekstur nasi merah yang kenyal, perlu diperhatikan penggunaan takaran air yang tepat. Jika menggunakan 1 cangkir beras merah (sekitar 200 gram), tambahkan 2 1/2 gelas air (400-500 ml) untuk mendapatkan nasi merah dengan tekstur lembut dan pulen.

BACA JUGA:Operasi Pasar di OKI, 8 Ton Beras Ludes Terjual

Perbandingan yang ideal adalah 1:2.

Sumber: