36 Sekolah Ikuti Kompetisi Roket Air FT Unsri

36 Sekolah Ikuti Kompetisi Roket Air FT Unsri

Kompetisi Roket Air FT Mesin Unsri. foto: istimewa--

36 Sekolah Ikuti Kompetisi Roket Air FT Unsri

INDRALAYA, oganilir.co - Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya (FT–Unsri) menggelar kompetisi Roket Air untuk pelajar se–Sumatera Selatan. Kompetisi Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsri Iwan Stia Budi SKM M Kes ini di halaman Kantor Pusat Administrasi Unsri kampus Indralaya, Selasa 21 November 2023.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Iwan Stia Budi dalam sambutanya menyampaikan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk membangkitkan minat bakat pelajar agar tertarik dengan teknologi. “Sebenarnya lomba ini juga dilaksanakan di tingkat nasional yang diprakarsai oleh pusat prestasi nasional sehingga apa yang kita lakukan pada hari ini sebetulnya merupakan awal untuk menseleksi sekaligus apresiasi dan memberikan motivasi kepada adik-adik pelajar untuk berkompetisi di ajang roket nantinya," kata Iwan Stia Budi. 

"Saya selaku Wakil Rektor III mengucapkan selamat berkompetisi  dan rasa bangga saya mudah - mudahan dengan adanya kompetisi ini akan lahir bakat-bakat dari para pelajar baik SMA maupun SMP terkit dengan teknologi yang nantinya akan bermanfaat ketika menempuh pendidikan lebih lanjut."

BACA JUGA:Puncak Acara Dies Natalis FE Unsri, Pensiunan Dapat Cendera Mata

Dikatakannya, minat peserta mengikuti kompetisi roket air ini sangat banyak. Ada 36 sekolah yang mengikuti kompetisi. "Ini merupakan suatu catatan bahwa para pelajar yang tertarik untuk mengikuti lomba ini cukup banyak. Mudah-mudahan di tahun yang akan datang lebih meningkat lagi dan ini menjadi filter untuk bagaimana ada perwakilan dari Sumatera Selatan untuk mengikuti lomba roket pelajar di level nasional,” ujarnya.

Kompetisi Roket Air tingkat pelajar diikuti oleh 36 peserta dari seluruh Sumatera Selatan. Tingkat SMP 12 peserta dan tingkat SMA atau sederajat 24 peserta.

Dua orang juri yang dihadirkan pada kompetisi ini adalah dosen Teknik Mesin Barlin ST, M.Eng, Ph D dan  M.A. Ade Saputra ST MT M Kom.

Pemenang dalam kompetisi ini akan mendapatkan trofi, sertifikat, juara I uang pembinaan Rp1,25 juta, juara II Rp1 juta, Juara III Rp750 ribu. Sementara untuk desain terbaik Rp500 ribu. (ril)

Sumber: