PB PTMSI Tetapkan Aturan Nomor Perorangan Cabor Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

PB PTMSI Tetapkan Aturan Nomor Perorangan Cabor Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kejurnas tenis meja putri di Merauke 2023. foto: istimewa--

PB PTMSI Tetapkan Aturan Nomor Perorangan Cabor Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

JAKARTA, oganilir.co - Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) sudah menentukan aturan main nomor perorangan cabang olahraga tenis meja PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan digelar di Medan pada September tahun depan.

Ada lima nomor perorangan tenis meja yang akan dipertandingkan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024. Yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Ketua Umum PB PTMSI Peter Layardi Lay menuturkan bahwa untuk nomor perorangan, PB PTMSI menentukan aturan bagi provinsi yang lolos PON, bisa mengutus empat petenis meja putra dan empat petenis meja putri yang akan turun di nomor perorangan. Empat petenis meja putra atau empat petenis meja putri inilah yang akan memperkuat tim provinsi turun di nomor perorangan. Seperti tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

BACA JUGA:Sah, PB PTMSI Tetapkan GOR Angsapura Sebagai Venue Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

"Bagi provinsi yang lolos PON di nomor beregu putra dan beregu putri, bisa mengutus delapan wakilnya di nomor perorangan ini," kata Peter Layardi saat dihubungi oganilir.co (Website SUMEKS.CO Grup) Kamis 30 November 2023.

Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, lanjut Peter Layardi, ada 16 provinsi beregu putra dan 16 provinsi beregu putri yang lolos. Khusus nomor perorangan, PB PTMSI memberikan kuota bagi empat provinsi baru di Papua. Yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

"Untuk empat provinsi baru Papua itu, kita berikan kuota di nomor perorangan hanya dua petenis meja putra dan dua petenis meja putri. Jadi mereka (empat provinsi baru Papua) bisa ikut semua di nomor perorangan. Tetapi tidak bisa lebih dari sepasang," terang Peter Layardi.

BACA JUGA:Kejurnas Tenis Meja Merauke 2023, Petenis Meja Putri Kadet Merajai Kelas Senior

Dia menambahkan sistem pertandingan yang akan dipergunakan untuk nomor beregu dan nomor perorangan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 menggunakan sistem setengah kompetisi dalam pool atau grup. Jumlah tim atau pemain pool atau grup akan disesuaikan dengan peserta keseluruhan. 

"Bisa empat atau lima peserta atau tim dalam grup," tukasnya.

Berikut Nama Provinsi Lolos Cabor Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024:

Putra:

Jawa Barat

Sumber: