Jelang Libur Nataru, Pesona Air Terjun Batu Ampar Jadi Incaran Warga Luar Daerah

Jelang Libur Nataru, Pesona Air Terjun Batu Ampar Jadi Incaran Warga Luar Daerah

AIr terjun batu ampar--

Jelang Libur Nataru, Pesona Air Terjun Batu Ampar Jadi Incaran Warga Luar Daerah

MURATARA, oganilir.co - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, banyak kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat, mulai dari berkumpul dengan keluarga, hingga mengunjungi objek wisata.

Salah satu destinasi wisata di Kabupate Muratara, seperti Air terjun batu Ampar, Desa Kita Tanjung, Kecamatan Tawas Ulu, cukup menarik untuk dikunjungi masyarakat bersama keluarga.

Air terjun batu ampar yang berada di Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Muratara, Provinsi Sumatera Selatan, merupakan wisata eksotis memikat hati bagi para pengunjung luar daerah.

Camat Rawas Ulu Darmawan menuturkan, jika wisata alam air terjun batu Ampar memang memiliki pesona magis tersendiri yang bikin betah para pengunjung maupun wisatawan.

BACA JUGA:Pesona Keindahan Alam dan Kesejukan di Kota Pagaralam, Menjadi Pilihan Terbaik Untuk Berlibur

"Biasanya liburan liburan besar seperti libur sekolah, tahun baru, habis lebaran. Wisata air tenjun batu ampar itu ramai dikunjungi masyarakat. Karena banyak warga yang mencari lokasi hiburan keluarga yang eksotis, yaman bisa datang bersama keluarga," bebernya Kamis 30 November 2023.

Menurutnya, air terjun alam dengan hamparan batu napal bertingkat, seakan menjadi kesan wisatawan tengah berlibur ke luar Provinsi Sumsel. Padahal, air terjun batu ampar berada di Desa Kuto tanjung, Provinsi Sumsel dan justru banyak di datangi wisatawan dari luar daerah, ketimbang wsatawan lokal.

"Sekitar objek wisata batu ampar, itu ada wisata lain lagi seperti goa batu Napalicin, wisata budaya Kuto tanjung, mendaki bukit bukit di atas gua dan lainnya," timpalnya.

Pihaknya mengaku, untuk pengelolaan objek wisata lokal ini, sudah melibatkan masyarakat setempat. Warga siap memandu wisatawan yang hendak berkunjung, mulai dari Desa Napalicin menaiki perahu, menyusuri hulu sungai Rawas, menuju air terjun batu ampar di Desa Kuto Tanjung.

BACA JUGA:Empat Desa Di Ogan Ilir Akan Ikuti Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumsel 2023

Aliran sungai di wilayah ini cukup terjaga, bahkan sepanjang perjalanan wusatawan akan disuguhi, kerlap kerlip aliran sungai yang sebening kaca. Wisatawan bisa menyaksikan secara langsung habitat aliran sungai dengan mata telanjang.

Pemandangan batuan napal, diselingi grobolan ikan dengan jenis beragam bermain di aliran air, bisa menjadi kesan tersendiri bagi pengunjung. "Rata rata warga luar daerah seperti bengkulu, Palembang, Jambi ada yang dari lampung, setelah ke sana mereka datang lagi bersama keluarga," timpalnya.

Sementara itu, Herman warga kecamatan Ulu Rawas menuturkan, jika saat ini akses dari wilayah Rawas Ulu menuju Kecamatan Ulu Rawas sudah cukup bagus. Bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat.

Sumber: