Dua Kali Skor, Rapat Paripurna Raperda APBD 2024 Ogan Ilir.

Dua Kali Skor, Rapat Paripurna Raperda APBD 2024 Ogan Ilir.

Penandatangan Berita Acara Pengesahan Raperda--

Dua Kali Skor, Rapat Paripurna Raperda APBD 2024 Ogan Ilir.

OGANILIR.CO- Rapat Paripurna XIII DPRD Ogan Ilir, dengan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD 2024, sempat dua kali diskor hingga nyaris berakhir tertunda.

Penyebab rapat diskor dua kali, yang berlangsung Kamis 30 November 2023 dan dibuka oleh Ketua DPRD Ogan Ilir Suharo HS SH didampingi Wakil Ketua Wahyudi ST, dan Ahmad Syafei. Karena tidak kuorumnya anggota DPRD yang hadir, dari 40 anggota DPRD hanya 18 anggota yang hadir.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar yang ikut menghadiri rapat Paripurna, harus menunggu hingga 2,5 jam untuk dimulainya rapat paripurna XIII DPRD tersebut.

BACA JUGA: Jebolan KDI 2 Ahmad Khadafi Duduk di Kursi DPRD Ogan Ilir

Namun setelah diskusi dua kali, akhirnya rapat paripurna dilakukan dilanjutkan dengan agenda pembahasan raperda tentang APBD tahun anggaran 2024 pada pembicaraan tingkat kedua yakni Penyampaian laporan badan anggaran DPRD. Pengambilan keputusan rapat paripurna, dan Pendapat akhir Bupati Ogan Ilir

Sidang Paripurna XIII DPRD Kabupaten Ogan Ilir sebelumnya dijadwalkan pukul 10.30 wib namun menunggu karena anggota DPRD dan hanya dihadiri 18 anggota dewan dari 40 anggota DPRD, baru bisa dilaksanakan pukul 13.30 wib.

Meski belum kuorum, seluruh fraksi menyetujui pelaksanaan rapat paripurna. Fraksi PDIP Amir Hamzah menyampaikan agar rapat paripurna dilanjutkan demi kepentingan masyarakat Ogan Ilir, kemudian Fraksi Nasdem Rizal Mustofa  mengatakan jika hari ini para anggota dewan bersama anggota eksekutif tidak mengambil keputusan maka pembangunan menjadi terhambat, sehingga rapat paripurna harus dilanjutkan.

BACA JUGA: 9 Anggota DPRD Ogan Ilir Bertahan , Belum Kembalikan “Utang”

Fraksi Golkar H Kosasih, sangat menyetujui rapat paripurna dapat dilanjutkan untuk kepentingan masyarakat Ogan Ilir. Fraksi PAN Peti, mengatakan mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi maka berharap demi kemajuan pembangunan Ogan Ilir menyetujui paripurna dilanjutkan. 

Fraksi Bergerak H Husnul Anam dan Fraksi Persatuan Bangsa Rosmanidar juga menyetujui rapat paripurna untuk dilanjutkan. 

Dari hasil penyampaian laporan Badan Anggaran DPRD menyetujui, pada kesempatan itu juga Sekretaris Dewan Muhsina membacakan rencana keputusan bersama yaitu pertama menerima dan menyetujui rencana anggaran APBD tahun 2024 untuk ditetapkan, diterima dan disetujui.

BACA JUGA: Fraksi DPRD Ogan Ilir Sampaikan Pandangan Umum

Sementara itu, Bupati Panca Wijaya Akbar dalam berbagai hal mengharapkan seluruh pihak anggota DPRD Ogan Ilir agar bekerja sama dan bersama melakukan pengawasan, dalam penggunaan anggaran untuk pembangunan di Ogan Ilir.

Sumber: