Ini Jumlah Medali Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

Ini Jumlah Medali Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kejurnas tenis meja di Merauke 2023. foto: istimewa--

Ini Jumlah Medali Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

PALEMBANG, oganilir.co - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut akan digelar di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut) pada September 2024. Khusus cabang olahraga (Cabor) tenis meja akan digelar di GOR Angsapura, Medan

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) Peter Layardi Lay menuturkan bahwa untuk Cabor tenis meja ada tujuh medali emas yang akan diperebutkan di tujuh nomor. Yakni beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Begitu juga dengan medali perak dan perunggu.

"Biasanya nomor beregu yang akan didahalukan dipertandingkan di setiap event, apakah itu PON, kualifikasi PON atau Kejurnas," kata Peter Layardi saat dihubungi oganilir.co (Website SUMEKS.CO Grup) Jumat 1 Desember 2023. 

BACA JUGA:PB PTMSI Tetapkan Aturan Nomor Perorangan Cabor Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

Di cabor tenis meja, lanjut Peter, apabila tim atau petenis meja sudah menembus babak semifinal, tidak mengenal perebutan juara III atau peringkat III. Tim atau petenis meja yang kalah di semifinal, otomatis menjadi juara III bersama.

"Begitu juga dengan PON XXI Aceh-Sumut 2024 nanti," ujarnya.

Pemberlakuan seeded? Untuk seeded, tambah Peter, khusus beregu putra dan putri, acuannya hasil kualifikasi PON di Jakarta pada Agustus 2023 lalu. Juara I, II, dan III kualifikasi PON di Jakarta pada Agustus 2023 lalu akan menjadi acuan dalam menentukan seeded.

"Seeded beregu putra tim Jawa Barat di grup atas, sedangkan beregu putri DKI juga di grup atas. Lalu diikuti juara II dan III yang akan menempati seeded grup bawah dan tengah," jelasnya. 

BACA JUGA:Sah, PB PTMSI Tetapkan GOR Angsapura Sebagai Venue Tenis Meja PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kemungkinan terjadi kejutan pada PON XXI Aceh-Sumut 2024? Peter Layardi menambahkan bahwa semua itu bisa terjadi pada semua tim atau provinsi yang lolos PON. Sebab, waktu masih panjang bagi provinsi untuk melakukan TC (training of center) bagi timnya. Masih ada waktu sembilan atau sepuluh bulan ke depan untuk mempersiapkan tim.

"Tergantung Pengprov PTMSI masing-masing mempersiapkan timnya untuk mendulang emas," pungkasnya. 

 

Sumber: