Penuhi Aspirasi Warga, Pemkot Lubuklinggau Kembali Gelar Operasi Pasar

Penuhi Aspirasi Warga, Pemkot Lubuklinggau Kembali Gelar Operasi Pasar

Trisko Defriyansa meninjau operasi pasar, Senin 4 Desember 2023. --

Penuhi Aspirasi Warga, Pemkot Lubuklinggau Kembali Gelar Operasi Pasar

LUBUKLINGGAU, oganilir.co - Pemkot Kota Lubuklinggau menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Bulog menggelar operasi pasar murah untuk menekan inflansi harga yang tengah terjadi.

Usai mengelar operasi pasar murah di delapan wilayah kecamatan, kali inI Pemkot Lubuklinggau kembali gelar operasi pasar murah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Sulap.

Pj Wali Kota Lubuklinggau H Trisko Defriyansa kembali membuka operasi pasar murah bagi masyarakat Kota Lubuklinggau, Senin 3 Desember 2023 pukul 09.00 WIB.

Operasi pasar murah dalam rangka pengendalian inflasi daerah untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru  dilaksanakan ditaman makam pahlawan patria bukit sulap kecamatan barat II, kota Lubuklinggau. 

BACA JUGA:Pj Wako Lubuklinggau Janji Gelar Operasi Pasar Susulan, ini Syaratnya

Trisko Defriyansa didampingi  Pj Ketua TP PKK Henita Andriani Trisko bersama Kapolres,Kasdim dan OPD Lubuklinggau menyampaikan bahwa operasi pasar murah itu sendiri dilakukan selama empat hari berturut turut di delapan wilayah kecamatan.

"Alhamdulillah untuk inflasi Kota Lubuklinggau ini relatif terkendali. memang secara kebijakan nasional untuk kabupaten kota itu standarnya 1,15 sampai dengan 3,5 persen. untuk Kota Lubuklinggau berada pada posisi di angka 2,53 persen," ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan 24 kota di wilayah Sumatera, Kota Lubuklinggau masih dalam kondisi yang bai., "Karena yang tertinggi ini besar inflasinya 5,43 persen yang terendah 1,65 persen," ujarnya.

Trisko juga mengungkapkan, posisi inflansi di kota Lubuklinggau termasuk di tarap tengah sebeaar 2,53 persen. Namun kondisi itu sudah sesuai arahan Presiden RI dan menteri dalam negeri yang meminta terus waspada terhadap gejolak harga ketika menghadapi Natal dan Tahun Baru.

BACA JUGA:Kecam Israel, MUI Lubuklinggau Kerahkan Masjid Baca Qunut Nazilah

Sebelumnya, minggu yang lalu lalu operasi pasar Nataru putaran pertama di Kota Lubuklinggau sudah dilaksanakan di delapan kecamatan.

"Kami evaluasi kembali terkait dengan komoditi apa yang memang berkontribusi pada tataran inflasi dan deflasi. Untuk inflansi masih disumbang beras, dan bawang," timpalnya.

Operasional pengadaan kegiatan pasar murah ini dibantu oleh pihak Bank Indonesia. melalui Bulog setiap operasi pasar, minimal mampu penyalurkan 80 ton bahkan bisa sampai 100 ton untuk hadir di tengah-tengah masyarakat.

Sumber: