Kepala BNN Pensiun, Penggantinya Kadensus 88 Antiteror, ini Profilnya

Kepala BNN Pensiun, Penggantinya Kadensus 88 Antiteror, ini Profilnya

Marthinus Hukom.--

Kepala BNN Pensiun, Penggantinya Kadensus 88 Antiteror, ini Profilnya

JAKARTA, oganilir.co - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose memasuki usia pensiun terhitung 1 Desember 2023. Pengganti jenderal polisi penghobi tenis meja itu adalah Irjen Pol Marthinus Hukom yang saat ini menjabat Kapala Detasemen Khusus (Kadensus) Antiteror 88 Polri. 

Penggantian Kepala BNN itu dibenarkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

"Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN, dan pengangkatan Bapak Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN yang baru," kata Ari sebagaimana yang dilansir Antara, Senin 4 Desember 2023.

Dia menyatakan bahwa pengangkatan Marthinus Hukom serta pemberhentian Petrus Reinhard Golose tertuang dalam surat Keputusan Presiden Nomor 182/TPA Tahun 2023. Petrus Reinhard Golose memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023. Keppres pemberhentian Petrus dan pengangkatan Marthinus Hukom ditandatangani pada 29 November 2023.

BACA JUGA:BNNK OKI Sambangi Kedinasan Gelar Sosialisasi dan Tes Urine

Sebelumnya, Polri telah mengusulkan Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Petrus Reinhard Golose yang memasuki masa purnatugas.

Sepak Terjang Irjen Pol Marthinus Hukom

Irjen Pol Marthinus Hukom lahir di Ameth, Nusalaut, Maluku Tengah, pada 30 Januari 1969. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kadensus 88 Antiteror Polri. Penugasan itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/1377/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Marthinus merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991. Dia pernah menduduki jabatan penyidik bidang investigasi saat memulai karir di Densus 88 Antiteror Polri.

BACA JUGA:BNN Ogan Ilir Rakor Dengan 10 Instansi Terkait

Pria kelahiran Maluku Tengah itu pernah dua kali menjabat sebagai Wakadensus. Yakni pada 2015 dan 2018. Dia juga pernah dipercaya sebagai Direktur Penegakan Hukum Kedeputian Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tahun 2017.

 

Sumber: