Warga Desa Sodong Segera Nikmati Air Bersih, ini Sumbernya

Warga Desa Sodong Segera Nikmati Air Bersih, ini Sumbernya

Pembangunan sumur bor di Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, OKI, Selasa 5 Desember 2023. foto: istimewa--

Warga Desa Sodong Segera Nikmati Air Bersih, ini Sumbernya

KAYUAGUNG, oganilir.co - Sebanyak 80 rumah atau kepala keluarga di Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, segera menikmati air bersih sumur bor

Pembangunan sumur bor di desa Sodong tersebut untuk memenuhi ketersediaan air bersih. Dimana pembangunan sumur bor dilaksanakan oleh Kodim 0402/OKI berkerja sama dengan PT Sampoerna Agro. 

Komandan Kodim 0402/OKI-Ogan Ilir Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane melalui Danramil Mesuji Kapten Inf Ade Webysana mengatakan bahwa pembangunan sumur bor untuk masyarakat Desa Sodong, Kecamatan Mesuji ini adalah progam dari TNI pembangunan manunggal air bersih. 

"Pembangunan sumur bornya telah dimulai Selasa 5 Desember kemarin sore. Pembangunan ini, kita Kodim OKI bekerja sama dengan perusahaan PT Sampoerna Agro," kata Ade, Rabu 6 Desember 2023.

BACA JUGA:Sumur Warga Kecamatan Gunung Sindur Tercemar BBM

Dia menjelaskan bahwa pada hari pertama kegiatan pembangunan sumur bor itu, pihaknya melibatkan 3 orang personel TNI dan 10 orang warga Desa.

"Kemarin itu melakukan pendistribusian material baru 80 persen. Untuk pengeboran sumur kemarin baru mencapai kedalaman 36 meter," ujarnya.

Pembangunan sumur bor itu, lanjut Ade, memiliki diameter 3 inci. Saat penggalian sumur bor dengan  kedalaman 36 meter masih belum keluar air bersih. Maka pengerjaan akan dilanjutkan kembali. Nantinya keberadaan sumur bor ini akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Terutama di musim kemarau.

"Pada pembangunan sumur bor ini jika selesai dan keluar air bersih, untuk bangunan dibuat seperti tower dilengkapi empat titik kran dan tempat cucian beratap spandek," terangnya. 

BACA JUGA:Sumur Bor Warga OKI Mengandung Gas, ini Komentar Bupati

Masih kata Ade, apabila telah selesai pembangunan sumur bor ini diharapkan air bersih yang dihasilkan bisa didistribusikan ke rumah-rumah warga Desa Sungai Sodong. "Air akan dialirkan menggunakan pipa ke rumah warga," pungkasnya. (ril)

 

 

Sumber: