Jumlah Minim, Kontingen Olimpiade Palestina Disambut Pendukung di Bandara Paris

Jumat 26-07-2024,09:32 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

Jumlah Minim, Kontingen Olimpiade Palestina Disambut Pendukung di Bandara Paris

PARIS, oganilir.co - Perang antara Pejuang Hamas dengan Israel yang melanda Gaza tidak menyurutkan Palestina untuk berpartisipasi pada Olimpiade Paris 2024.

Kontingen Palestina yang akan berlaga pada Olimpiade Paris 2024 bahkan telah tiba di Bandara Charles de Gaulle, Paris, Kamis (25/7). Mereka mendapat sambutan dari pendukung di Paris. Kehadiran mereka jadi simbol perjuangan menghadapi konflik di negaranya.

Kontingen Palestina itu berjumlah 8 orang yang terdiri dari 6 pria dan 2 wanita. Ada 6 cabang olahraga yang mereka ikuti di Olimpiade Paris 2024.

Melansir AP News, para atlet disambut lautan bendera Palestina di bandara. Fans turut berteriak 'Free Palestine' sebagai dukungan atas konflik yang terjadi di Gaza.

BACA JUGA:Sepak Bola Olimpiade Paris 2024: Diwarnai Kerusuhan, Maroko Taklukkan Argentina 2-1

Tidak hanya lautan bendera, para atlet juga mendapat bunga mawar dan buah-buahan dari fans. Perenang Palestina, Yazan Al-Bawwab, mengaku bangga bisa mewakili negaranya di Olimpiade 2024.

"Prancis tidak mengakui Palestina sebagai sebuah negara, jadi saya di sini untuk mengibarkan benderanya," kata Al-Bawwab, dikutip dari AP News.

"Kami tidak diperlakukan seperti manusia, jadi ketika kami datang untuk berolahraga, orang-orang menyadari bahwa kami setara dengan mereka. Kami adalah 50 juta orang yang tidak memiliki negara," jelasnya.

Kepala Misi Palestina di Prancis, Hala Abou Hassira, tak heran dengan dukungan yang diterima delegasi negaranya di Paris. Dia juga menyerukan agar Negeri Menara Eiffel segera mengakui negara Palestina secara resmi.

BACA JUGA:Jelang Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia Gelar Doa Bersama

"Sambutan ini tidak mengejutkan bagi rakyat Prancis, yang mendukung keadilan, mendukung rakyat Palestina, mendukung hak mereka untuk menentukan nasib sendiri," tukas Hala.

Daftar Atlet Palestina di Olimpiade 2024

1. Mohammed Dwedar (atletik)

2. Layla Al-Masri (atletik)

Kategori :