Waspada Cacar Monyet! Penyebaran dan Risiko Kesehatan

Rabu 18-09-2024,15:49 WIB
Reporter : DNN
Editor : Sardinan

Bisa menyebar dari manusia ke manusia  melalui cara droplet pernafasan ketika berkontak dengan penderita virus, bisa melalui dengan luka koreng, cairan tubuh penderita, atau infeksi dari seorang penderita.

Bisa menyebar melalui kontak langsung yaitu dengan cara bersentuhan dengan virus  dari hewan yang terkena virus tersebut, bahan yang terkontaminasi atau orang yang terinfeksi.

INDIKASI YANG DAPAT DILIHAT DARI VIRUS CACAR MONYET/MONKEYPOX:

Penyakit/virus cacar monyet ini bisa menyebab kan komplikasi pada  sistem saraf, dan berefek dampak jangka panjang pada kesehatan orang yang terkena virus tersebut, memang orang yang terkena penyakit ini tingkat kematiannya relatif rendah.

Indikasi yang dapat dilihat dari virus ini adalah sakit kepala, ruam kulit yang berkembang menjadi lepuh, mengakibat kan demam, nyeri otot-otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening, indikasi cacar monyet/Monkeyfox ini mirip dengan cacar air.

HAL YANG HARUS DIKETAHUI:

Cacar monyet/Monkeyfox ini dapat menyebar melintasi batas negara, maka nengara harus bekerjasama internasional, dengan bekerjasama internasional pemerintah bisa memantau,  dan bisa melakukan penanganan, serta bisa melakukan pengadaan vaksin jika virus sudah terdeteksi menyebar.

Kita sebagai warga negra indonesia yang belum terkena dampak penyakit ini harus menjaga kesehatan tubuh, dan terus berhati hati karena virus ini bisa mudah menyebar, sistem kesehatan masyarakat harus bisa siap merespons kasus cacar monyet ini.

Pemerintah harus perperan penting terutama dinas kesehatan dalam memantau penyakit yang baru mau menyebar ini, perlunya membuat peraturan atau kebijakan kebijakan terkait dengan perlindungan hewan liar dan pengendalian cacar monyet.

Masyarakat dalam hal ini, penting  untuk tetap berhati hati waspada selalu, mengikuti arahan pencegahan, masyarakart harus selalu memantau penyakit ini supaya bisa menghindari virus ini, apabila ada warga setempat yang terkena virus ini maka segera hubungi bagian kesehatan setempat, dengan kesadaran ini kita bisa menghindari penyakit yang sedang menyebar ini.

Kategori :