Kontroversi Wasit Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, FIFA Ulang Partai Indonesia vs Bahrain?

Jumat 11-10-2024,07:13 WIB
Reporter : Dendi Romi
Editor : Dendi Romi

oganilir.co - Laga Kualfikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Timnas Indonesia vs Bahrain berakhir dengan skor 2-2. Kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf menjadi sorotan dan merugikan skuad Garuda.  

FIFA memutuskan pertandingan Bahrain melawan Timnas Indonesia diulang setelah kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf menuai kontroversi. Timnas Indonesia harus puas berbagi angka saat ditahan imbang Bahrain dengan skor 2-2 di Stadion Nasional Bahrain, pada Kamis (10/10/2024).

Di awal babak pertama, Timnas Indonesia langsung mendapat tekanan dari Bahrain hingga kesulitan mengembangkan permainan. Tim asuhan Dragan Talajic ini bahkan unggul cepat pada menit ke-15 melalui tendangan bebas Mohamed Marhoon, yang tak mampu diantisipasi Maarten Paes.

Unggul 1-0 atas skuad Garuda membuat Bahrain semakin gencar menyerang, hingga mendapatkan beberapa peluang berbahaya.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026: Media Bahrain Soroti 2 Pemain Garuda Muda, Siapa Mereka?

Di menit ke-40, Timnas Indonesia berhasil keluar dari tekanan dan sesekali masuk ke kotak penalti lawan.

Gol penyama kedudukan tercipta dari Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Bahrain. Gol tersebut sekaligus menutup pertandingan di babak pertama antara Bahrain dan Timnas Indonesia dengan skor 1-1.

Usai turun minum, permainan Thom Haye dan kawan-kawan jauh membaik hingga akhirnya menciptakan gol penyama kedudukan pada menit ke-74.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong membuat dua pergantian pemain. Jordi Amat dan Sandy Walsh ditarik keluar dan digantikan oleh Rizky Ridho dan Eliano Reijnders.

Di babak kedua, jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Bahrain mampu tampil dominan dan membombardir gawang Indonesia. Sementara Indonesia sesekali mengancam melalui skema serangan balik.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Tahan Imbang Australia 0-0, Jepang Pimpin Klasemen Grup C

Skema serangan balik Indonesia ini terbukti jitu. Karena di menit ke-74, Timnas Indonesia sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Menerima umpan pendek dari Thom Haye, Rafael Struick masuk ke kotak penalti Bahrain lalu melepaskan tembakan placing ke sisi kiri atas gawang Bahrain dan menjadi gol.

Tertinggal satu gol, Bahrain menaikkan tempo serangan mereka. Mereka mencoba untuk membombardir gawang Indonesia untuk menyamakan kedudukan.

Di menit ke-81, gawang Timnas Indonesia nyaris kebobolan saat Jay Idzes yang mencoba menghalau tendangan bebas Bahrain malah mengarahkan bola ke gawang Skuad Garuda. Beruntung Maarten Paes dengan sigap menangkap bola tersebut sehingga Indonesia terhindar dari gol bunuh diri.

Kategori :