6 Jenis Makanan yang Wajib Dijauhi oleh Penderita Diabetes

Rabu 28-06-2023,12:39 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Dendi Romi

6 Jenis Makanan yang Wajib Dijauhi Oleh Penderita Diabetes

oganilir.co - Diabetes, secara medis dikenal sebagai diabetes mellitus, adalah kelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan kadar glukosa (gula) darah yang tinggi dalam jangka panjang. Kadar glukosa darah yang tinggi terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan atau menghasilkan hormon insulin dengan efektif.

Insulin, yang diproduksi oleh pankreas, adalah hormon yang membantu mengatur kadar glukosa darah. Fungsi utama insulin adalah mengizinkan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh, di mana glukosa tersebut digunakan sebagai sumber energi. Pada penderita diabetes, proses ini terganggu, sehingga glukosa tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh.

Untuk penderita diabetes, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan batasan. Ini karena makanan tertentu dapat mempengaruhi kadar gula darah dan menyebabkan komplikasi pada kondisi diabetes. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Gula Tambahan

Hindari makanan yang mengandung gula tambahan seperti permen, kue, minuman manis, soda, sirup, dan pemanis buatan. Gula dapat langsung meningkatkan kadar gula darah.

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Mampu Mengurangi Risiko Diabetes

2. Karbohidrat Olahan

Hindari makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, pasta, dan makanan ringan seperti keripik kentang. Karbohidrat olahan dapat mencerna lebih cepat dan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan trans, seperti daging berlemak, mentega, margarin, makanan gorengan, dan makanan cepat saji. Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

4. Makanan Tinggi Garam

Hindari makanan tinggi garam, seperti makanan olahan, makanan kaleng, camilan asin, dan saus kemasan. Makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko tambahan bagi penderita diabetes.

5. Minuman Beralkohol

Hindari konsumsi minuman beralkohol karena dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan menyebabkan komplikasi pada diabetes. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat berinteraksi dengan obat diabetes.

BACA JUGA:Diabetes Dapat Membawa Kematian, Kenali Ciri-Cirinya

Kategori :