7 Manfaat Daun Pepaya, Nomor 6 Melawan Diabetes

7 Manfaat Daun Pepaya, Nomor 6 Melawan Diabetes

Ilustrasi.--

oganilir.co - Pohon pepaya, tak hanya buahnya bisa bermanfaat untuk kesehatan. Daun pepaya pun memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun pepaya juga telah lama diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab, daun pepaya mengandung senyawa yang disebut karpain bermanfaat membantu membunuh mikroorganisme dari sistem pencernaan dan mengobati masalah pencernaan lainnya. Selain itu, juga mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (carpaine), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium, dan vitamin A, C, B, K. Cara mengolah daun pepaya sangat mudah. Sediakan 3 lembar daun pepaya, kemudian cuci daun hingga bersih terlebih dahulu.

Setelah itu rebus daun pepaya dengan 500 ml air. Lalu tumbuk daun adas dan masukan dalam rebusan daun pepaya. Rebus ramuan tersebut hingga mendidih. Kemudian, ambil segelas air rebusan, dan campurkan dengan garam sejumput.

Minum ramuan tersebut seminggu sekali selama sebulan. Setelah meminum ramuan di atas, bisa dibuktikan sendiri hasilnya.

BACA JUGA:Kazazi Sukses Tanam Pepaya California di Tanah Kuburan Muratara, Sukses Besar Buah Dipasok Sampai Pulau Jawa

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menyediakan energi untuk tubuh

Meskipun rasanya sedikit agak pahit, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi daun pepaya. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada daun ini bisa memberikan energi tambahan pada tubuh. Ini membantu kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan bisa terjadi di bagian mana pun tubuh kamu, paling sering adalah sendi. Sendi yang meradangan ini kamu kenal dengan istilah arthritis. Orang dengan radang sendi biasanya sering menyalami nyeri sendi, ruam kulit, dan pembengkakan.

3. Meredakan gangguan menstruasi

Daun pepaya merupakan keajaiban bagi wanita yang sedang menstruasi. Daun pepaya membantu meringankan kembung yang terjadi selama kram menstruasi. Biasanya, teh atau ramuan yang terbuat dari daun pepaya sangat membantu untuk mengobati gejala PMS seperti sakit kepala, sakit, gangguan pencernaan dan mual.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

Memiliki rasa yang pahit, ternyata daun pepaya sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam serta mengatasi penyakit tekanan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pepaya dalam bentuk hidangan apapun untuk mengurangi rasa pahit pada daun tersebut.

Sumber: