Etnis Besar di Filipina ini Mengklaim Keturunan Kerajaan Sriwijaya, Benarkah?

Senin 03-07-2023,12:07 WIB
Reporter : Karandas
Editor : Dendi Romi

Etnis Besar di Filipina ini Mengklaim Keturunan Kerajaan Sriwijaya, Benarkah?

oganilir.co - Sriwijaya adalah satu dari dua kerajaan besar di Indonesia selain Majapahit yang pengaruh kekuasaannya sangat luas. Hampir seluas wilayah Indonesia sekarang dan juga sampai ke negara tetangga. Kekuasaan Kerajaan Sriwijaya yang masih tersisa hingga sekarang. 

 

Sriwijaya pada masa jayanya menguasai seluruh Sumatera, sebagian Jawa, seluruh semenanjung Malaya, sebagian Thailand, Khmer (Kamboja), hingga Champa (Vietnam Selatan).

 

Ada salah satu etnis besar di Filipina yaitu Visaya yang mengklaim sebagai keturunan kerajaan agung Sriwijaya. Etnis Visaya mendiami wilayah kepulauan Visaya (Filipina dibagi jadi 3 wilayah kepulauan berdasarkan kultur dan etnisnya: Luzon di utara, Visaya di tengah, Mindanao di selatan).

 

Nama Visaya diturunkan dari nama Sri Wijaya sebagai penghormatan atas negeri asal orang-orang visaya. Berdasarkan cerita rakyat yang melekat kuat di Visaya, orang-orang Visaya datang dari Sriwijaya ketika kerajaan itu runtuh pada abad ke-12 dipimpin oleh Datu Puti.

BACA JUGA:Bagaimana Skema Timnas Indonesia Bisa Lolos Semifinal Piala AFF 2022, Filipina Tersingkir, Peluang 99 Persen

 

Etnis Visaya meyakini bahwa mereka adalah keturunan dari Sriwijaya. Salah satu yang bisa menunjukkan hubungan adalah kesamaan pakaian tradisional Visaya dengan Palembang.

 

Sebagian besar etnis Visaya memang tinggal di provinsi Ilo-Ilo. Sedangkan kebudayaan serta bentuk adat di Provinsi Ilo-Ilo dan Kota Palembang hampir mirip. 

 

Staf Kedutaan Indonesia di Filipina menegaskan bahwa hubungan wilayah Visaya dan provinsi Ilo-Ilo hanyalah kerja sama dalam hal meningkatkan potensi pendidikan, pariwisata serta perdagangan. Selain bentuk tata kota yang mirip. 

Kategori :