Manggala Agni Ajak Perusahaan Cegah dan Tanggulangi Karhutla

Jumat 13-10-2023,09:23 WIB
Reporter : Nisya
Editor : Dendi Romi

Manggala Agni Ajak Perusahaan Cegah dan Tanggulangi Karhutla

KAYUAGUNG, oganilir.co - Kerja Keras Manggala Agni Daops Sumatera XVII/Ogan Komering Ilir (OKI) melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di dua desa, yaitu di Desa Jungkal, Kecamatan Pampangan dan Desa Pulau Geronggang, Kecamatan Padamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir, berhasil.

Pemadaman api dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi kejadian karhutla sejak awal titik api terpantau pada 1 September 2023 hingga saat ini. Dimana sebagian besar titik api telah berhasil dipadamkan. 

Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI Edi Satriawan mengatakan bahwa pihaknya mengerahkan 100 personel, yang dilengkapi dengan 13 unit pompa portable bertekanan tinggi dan 12 unit mobil untuk mobile personel maupun melakukan patroli di dua desa tersebut. Namun karena lokasi karhutla cukup sulit dipadamkan dan tidak adanya akses jalan ke lokasi, maka Manggala Agni mengajak korporasi untuk turut bersama tanggulangi karhutla.

“Walaupun tim Manggala Agni telah all out melakukan pemadaman, namun dikarenakan lokasi karhutla kerap tidak ada akses jalan untuk bisa mencapai titik api guna melakukan pemadaman," terangnya.

BACA JUGA:PT Sampoerna Agro Tbk Berikan Bantuan Rp500 Juta untuk Percepatan Pengendalian Karhutla di Provinsi Sumsel

Karena itu, Manggala Agni mengajak PT Kelantan Sakti selaku korporasi yang memiliki kelengkapan pemadaman dan alat berat untuk bisa turut membantu upaya pemadaman.

Dengan adanya alat berat maka lokasi-lokasi titik api yang tidak terjangkau karena tidak adanya akses jalan dapat ditembus. "Alat berat juga di butuhkan untuk membuat sekat bakar agar kebakaran tidak semakin meluas,” ujar Edi. “Keberhasilan pencegahan dan penanggulangan karhutla merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu perlu keterlibatan stakeholder baik itu dari instansi terkait maupun dari korporasi."  

Pihaknya  menghimbau agar bagi korporasi, walau lahannya tidak terbakar, dapat berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pemadaman karhutla. Hal ini juga merupakan upaya untuk mencegah terjadinya karhutla di areal perusahaan itu sendiri.

Group Manager PT Kelantan Sakti, Juniansyah Sinaga mengatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam mencegah perluasan karhutla dan kabut asap. 

“Sebagai perusahaan yang beroperasional di Kabupaten Ogan Komering Ilir, maka PT Kelantan Sakti merasa turut bersimpati dengan turut serta membantu melakukan pemadaman karhutla yang terjadi, khususnya di dua desa yang terdampak karhutla yang keberadaannya dekat dengan perusahaan," terangnya.

BACA JUGA:Kodim 0402 OKI Gandeng Radio Sosialisasi Pencegahan Karhutla

Dalam hal ini, PT Kelantan Sakti menurunkan 176 orang personil karhutla perusahaan, 22 unit mesin pompa, mobil untuk mobile personil dan patroli 8 unit, 2 unit drone untuk patroli api serta menurunkan 30 unit ekscavator untuk membuka akses jalan ke titik api dan juga membuat sekat bakar. 

"Sedikitnya 90 km sekat bakar sudah dibuat untuk mencegah perluasan karhutla,” ujar Juniansyah. 

Adapun teknis pemadaman dilakukan dengan terus berkoordinasi dan evaluasi dengan tim Manggala Agni. Dengan demikian bantuan yang diberikan bisa memberikan manfaat maksimal untuk penanggulangan karhutla. 

Kategori :