7 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing, Nomor 2 Melindungi Hati

7 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing, Nomor 2 Melindungi Hati

Tumbuhan kumis kucing.--

7 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing, Nomor 2 Melindungi Hati

oganilir.co - Tumbuhan kumis kucing yang banyak ditemukan di Indonesia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini memiliki nama latin orthosiphon stamineus merupakan tumbuhan yang tumbuh di Asia Tenggara.

Tumbuhan kumis kucing diketahui memiliki ciri khas pada bunganya. Dimana benang sari terlihat menonjol menyerupai kumis pada hewan kucing. Biasanya bunga kumis kucing ini berwarna putih dan ungu.

Punya bentuk dan warna yang elok, kumis kucing ini menjadi buruan orang, selain sebagai tanaman hias juga digunakan sebagai obat herbal.

Cara konsumsinya pun mudah, yaitu dengan cara diseduh seperti minum teh pada umumnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Cabai Hijau Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Orang Tua Wajib Tahu

Menurut penelitian yang dihimpun dari Australian Herbal Insight, tumbuhan kumis kucing memiliki 7 manfaat untuk mengobati berbagai penyakit yaitu sebagai berikut:

1. Kesehatan tulang dan sendi

Ramuan Kumis Kucing memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah. Asam urat yang tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat pada daerah sendi.

2. Detoksifikasi pada hati

Ramuan Kumis Kucing adalah ramuan pembersih yang ampuh dan memiliki efek melindungi hati dari paparan zat berbahaya. Kenapa? Sebab ramuan tersebut mempunyai sifat antioksidannya yang kuat.

Ekstrak herbal ramuan Kumis Kucing telah terbukti mampu mencegah kerusakan hati akibat alkohol dan obat-obatan tertentu.

BACA JUGA:Selain Sebagai Penyedap Masakan, Daun ini Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan

Tanaman juga telah terbukti mengurangi tanda-tanda perlemakan hati dan juga konsentrasi bilirubin pada subjek penyakit kuning.

Sumber: